digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 5 Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Senopati Diinan Muhammad
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Pertumbuhan ekonomi yang dialami Indonesia berkorelasi dengan jumlah investasi yang masuk ke Indonesia, termasuk investasi di bidang manufaktur. Meningkatnya jumlah fasilitas manufaktur ini seharusnya berdampak pada permintaan fasilitas pendukung seperti lampu. Exxent Lighting, sebuah merek lampu di bawah naungan PT. AKSI yang berfokus pada penyediaan penerangan jalan untuk sektor pemerintah, menemukan masalah pada pendapatan yang berfluktuasi yang disebabkan oleh ketergantungan pada pasar pemerintah. Pola pembelian pemerintah yang mencapai puncaknya pada kuartal 1 dan kuartal 4 membuat pendapatan perusahaan menurun pada kuartal 2 dan kuartal 3. Dalam tesis ini, penulis melihat potensi pasar di sektor Industri sebagai pasar yang cocok untuk Exxent Lighting untuk mengatasi rendahnya pendapatan Q2 dan Q3. Penulis menggunakan metodologi kualitatif untuk memahami kebutuhan pasar dengan mewawancarai perwakilan dari berbagai latar belakang industri serta menggunakan laporan pasar untuk mempelajari situasi pasar. Dari data yang dikumpulkan, penulis melakukan analisis internal dan eksternal dengan menggunakan beberapa kerangka kerja dari kerangka kerja pemasaran ke dalam kerangka kerja strategi bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar pelanggan di pasar saat ini memiliki loyalitas merek terhadap pemimpin pasar karena reputasi yang dimiliki pemimpin pasar, tetapi baru-baru ini pemimpin pasar gagal memberikan layanan terbaik mereka dan menurunkan kepuasan pelanggan saat ini. Dari sisi pelanggan, tuntutan efisiensi biaya dari setiap pemangku kepentingan perusahaan juga mendorong para pengambil keputusan untuk mencari alternatif produk pencahayaan. Dengan menggunakan temuan dari penelitian, penulis mengembangkan proposisi nilai yang sesuai untuk pasar potensial dan juga mengembangkan model bisnis baru untuk Exxent Lighting untuk memenangkan persaingan di pasar potensial.