digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam setiap tahunnya, pertumbuhan bisnis restoran di Jakarta terus berkembang, hal ini membuat persaingan di antara industri kuliner di Jakarta menjadi sangat kompetitif. Lesehan gurame sebagai perusahaan baru yang telah beroperasi kurang lebih 8 tahun dalam industri kuliner dengan konsep makanan sunda dan jawa yang menawarkan ragam makanan ikan, udang, cumi, ayam dan lain sebagainya, perlu terus melakukan evaluasi dan inovasi agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif, serta mewujudkan visi menjadi perusahaan penyedia makanan sunda dan jawa yang bertaraf nasional hingga internasional yang menawarkan cita rasa makanan yang enak dan pelayanan yang memuaskan, serta misinya untuk mengembangkan sistem manajemen dan sumber daya manusia yang berkualitas, serta terus berinovatif dalam produk dan pelayanan secara berkelanjutan. Tidak tercapainya target penjualan yang ditetapkan mengindikasikan bahwa trend pangsa pasarnya mengalami perubahan secara dinamis. Hal ini perlu di analisa lebih lanjut, untuk mengetahui inti permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan saat ini. Mencari formula strategi yang tepat, mengkonsepkan pelaksanaan strategi, serta mengetahui implikasi dari kegiatan tersebut dalam sisi ekonomi dan finansial perusahaan menjadi tujuan dari penelitian akhir ini. Analisis bisnis mengacu pada analisis internal dan eksternal dengan menggunakan metode PESTLE, Porter Five Forces, CPM, resources based view, SWOT, TOWS, SWOT matrix, root causes, dan decision tree untuk mengetahui dan mendapatkan strategi terbaik yang dapat diimplementasikan oleh Lesehan Gurame untuk mengembangkan bisnisnya. Strategi terbaik yang dapat diimplementasikan adalah strategi agresif yang difokuskan pada pengembangan produk dan pasar dengan prioritas peningkatan pengembangan produk, kegiatan pemasaran, serta kualitas SDM untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan di dalam industri kuliner. Strategi spesialisasi produk untuk mendapatkan cita rasa ikan gurame sebagai identitas restoran, program promosi dan diskon untuk membentuk persepsi konsumen bahwa produk restoran relatif murah, menciptakan media promosi melalui kegiatan pemasaran internet untuk mengenalkan produk restoran, serta pelatihan khusus dan kegiatan kompensasi untuk menciptakan karyawan yang loyal dan berorientasi pada pelayanan dapat dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan adalah beberapa strategi implementasi dalam pengembangan bisnis dan perencanaan pengembangan Lesehan Gurame dalam penelitian ini.