2022_TS_PP_Andri Alamsyah Hakim Ahmad_29120216_1-abstrak.pdf?
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Adanya pandemic COVID-19 yang melanda dunia secara tidak langsung malah
memberikan opportunity untuk perusahaan telekomunikasi. Jumlah pengguna internet
dimasa pandemic ini sangat meningkat pesat. XL Axiata menyadari hal tersebut dan sudah
menyiapkan beberapa strategi. Salah satunya yaitu rencana untuk melakukan akuisisi Pt
Link Net Tbk. Akuisisi ini dilakukan dalam rangka untuk expanasi jaringan dan
memperkuat sector fixed broadband XL Axiata. Dengan melakukan akuisisi ini sector fixed
broadband XL Axiata akan menjadi yang terbesar ke dua setelah Indihome.
Sebelum perusahaan melakukan akuisisi, perlu juga dilakukan analisis mendalam. Hal ini
dilakukan untuk mencari tau apakah akuisisi tersebut memang diperlukan dan apakah akan
ada synergy yang timbul dari akuisisi tersebut. Pada tesis ini akan dilakukan analisis
eksternal (PESTEL, Porter Five Forces, Kompetitor Analisis), analisis internal (Financial
Ratio Analisis), dan akan di rangkum menggunakan SWOT analisis. Valuasi sinergi akan
dilakukan menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF) dengan pendekatan Free
Cash Flow to Firm (FCFF).
Penelitian ini menunjukan terdapat beberapa potensi singergi yang terjadi pada akuisisi
diantaranya yaitu efisiensi pengeluaran, memperluas jangkauan jaringan, meningkatkan
jumlah pengguna, dan dapat berkolaborasi untuk menciptakan produk layanan internet dan
bundling yang baru. Sedangkan dari financial synergies akan ada peningkatan revenue,
cash flow, market share, dan terdapat potensi meningkatkan kapasitas hutang perusahaan.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan dua scenario asumsi sinergi didapatkan synergies
sebesar Rp 20T dan Rp 11T. Dapat dikatakan akuisisi ini sukses dan akan bermanfaat untuk
XL.
Perpustakaan Digital ITB