Meningkatnya permintaan konsumen terhadap kopi spesialti serta berkembangnya budaya
home-brewing di Indonesia telah menciptakan peluang pasar baru bagi para roastery di segmen
B2C. Namun, The Hidden Heaven, sebuah roastery yang berbasis di Surakarta, masih sangat
bergantung pada klien B2B, sehingga bisnis rentan terhadap ketidakstabilan penjualan. Untuk
memanfaatkan peluang yang ada, The Hidden Heaven perlu memperkuat upaya di pasar B2C
guna menarik dan mempertahankan konsumen individu. Secara khusus, penelitian ini
membahas kesenjangan strategi dalam pemanfaatan Instagram perusahaan untuk
meningkatkan engagement dengan pelanggan. Tujuan dari studi ini adalah mengembangkan
strategi pemasaran media sosial yang lebih terarah untuk meningkatkan engagement
pelanggan. Dengan pendekatan metode campuran, studi ini mengombinasikan wawancara
kualitatif dengan manajemen perusahaan serta survei kuantitatif terhadap 354 konsumen aktif
Instagram berusia 18–35 tahun. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS untuk menguji
pengaruh social media influencer (SMI), user-generated content (UGC), dan format posting
carousel terhadap engagement pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya konten
dengan format carousel yang memiliki pengaruh signifikan. Studi ini memberikan kontribusi
bagi praktik pemasaran digital melalui pengembangan strategi Instagram berbasis bukti yang
disesuaikan untuk industri kopi spesialti.
Perpustakaan Digital ITB