digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya permintaan konsumen terhadap kopi spesialti serta berkembangnya budaya home-brewing di Indonesia telah menciptakan peluang pasar baru bagi para roastery di segmen B2C. Namun, The Hidden Heaven, sebuah roastery yang berbasis di Surakarta, masih sangat bergantung pada klien B2B, sehingga bisnis rentan terhadap ketidakstabilan penjualan. Untuk memanfaatkan peluang yang ada, The Hidden Heaven perlu memperkuat upaya di pasar B2C guna menarik dan mempertahankan konsumen individu. Secara khusus, penelitian ini membahas kesenjangan strategi dalam pemanfaatan Instagram perusahaan untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Tujuan dari studi ini adalah mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang lebih terarah untuk meningkatkan engagement pelanggan. Dengan pendekatan metode campuran, studi ini mengombinasikan wawancara kualitatif dengan manajemen perusahaan serta survei kuantitatif terhadap 354 konsumen aktif Instagram berusia 18–35 tahun. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS untuk menguji pengaruh social media influencer (SMI), user-generated content (UGC), dan format posting carousel terhadap engagement pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya konten dengan format carousel yang memiliki pengaruh signifikan. Studi ini memberikan kontribusi bagi praktik pemasaran digital melalui pengembangan strategi Instagram berbasis bukti yang disesuaikan untuk industri kopi spesialti.