digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Syarifah Khoiriyah
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Pasar pembersih perawatan rumah yang berkembang memberikan persaingan ketat berdasarkan selera dan atribut konsumen, hal ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk memahami tantangannya dengan memberikan produk yang sesuai. Siklus, perusahaan ritel pada pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan yang didirikan lima tahun lalu dan menjual melalui Internet, menghadapi penurunan pendapatan karena adanya tantangan krusial, terutama dalam hal pengembangan produk dan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variasi baru produk pembersih rumah tangga untuk kemungkinan pengembangan dan menemukan strategi pemasaran yang sesuai melalui analisis lingkungan internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan teori New Product Development (NPD), Design Thinking, dan Integrated Marketing Communication (IMC). Netnografi dan wawancara konsumen digunakan dalam pengembangan produk untuk menentukan variasi produk yang sesuai, dan strategi pemasaran ditentukan berdasarkan prinsip-prinsip IMC dengan kriteria dan preferensi yang diperoleh dari wawancara dan survei. Analisis strategis internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan analisis VRIO dan PESTLE. Penelitian ini mendapatkan bahwa pembersih serbaguna sebagai kategori produk yang paling prospektif dengan beberapa preferensi dan kriteria konsumen. Strategi pemasaran melibatkan IMC yang terdiri dari delapan saluran, yaitu advertising, sales promotion, events and experiences, public relations and publicity, online and social media marketing, direct and database marketing, and personal selling. Masing-masing saluran ini berisi ide-ide promosi spesifik yang dibuat khusus untuk pembersih serbaguna dari Siklus. Meskipun strategi IMC yang diusulkan dikembangkan untuk pembersih serbaguna dari Siklus, kerangka kerja ini dapat dimodifikasi agar dapat berfungsi untuk variasi produk perawatan rumah lainnya, dengan penyesuaian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik produk. Penelitian ini pada akhirnya memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk bisnis ritel berkelanjutan di sektor perawatan rumah tangga yang mencoba berinovasi dan memperkuat keterlibatan pasar.