Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif
untuk UMBRA, sebuah firma hukum lokal di Indonesia, yang bertujuan untuk
menembus pasar multinasional dan asing. Seiring dengan semakin kompetitifnya
industri hukum di Indonesia, dengan banyak firma hukum lokal yang membangun
afiliasi internasional, UMBRA menghadapi tantangan untuk meningkatkan
kehadiran globalnya.
Penelitian ini mengadopsi metodologi penelitian yang komprehensif, termasuk
VRIO, STP Model, Marketing Mix, Business Model Canvas, Competitor Analysis,
Customer Analysis, PESTEL, dan Porter 5 Forces, serta wawancara mendalam
dengan klien UMBRA dan perusahaan multinasional.
Tesis ini mengusulkan beberapa rekomendasi strategi pemasaran untuk UMBRA.
Ini termasuk membentuk kemitraan strategis dengan firma hukum internasional
terkemuka, meningkatkan program pelatihan dan pengembangan untuk pengacara
junior, mengadopsi teknologi canggih, menargetkan pasar internasional tertentu,
merevisi strategi harga, memperbaiki infrastruktur kantor, dan memperkuat
saluran pemasaran melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Selain
itu, pentingnya pelatihan sensitivitas budaya ditekankan untuk meningkatkan
hubungan dengan klien dan kualitas layanan. Dengan menerapkan strategistrategi ini, UMBRA dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan
mempertahankan reputasinya untuk memberikan layanan hukum berkualitas
tinggi, tidak hanya untuk pasar lokal, tetapi juga pasar multinasional dan asing.