digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Rosiana Irta Purnomo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Roxy Chem adalah Perusahaan petrokimia global yang berbasis di Amerika Serikat dengan beragam produk untuk pasar cat. Pasar cat global diproyeksikan akan tumbuh, dan Asia Tenggara diklasifikasikan sebagai wilayah yang memiliki peranan penting untuk pertumbuhan bisnis dikarenakan industrialisasi dan urbanisasi yang pesat, dengan pertumbuhan sekitar 5-7%. Pasar cat dekoratif memegang pangsa cat terbesar di pasar cat global. Sejalan dengan misi ramah lingkungan, Roxy Chem berfokus pada pasar tersebut, dengan Asia Tenggara dianggap sebagai wilayah penting untuk meningkatkan pangsa pasar dari Roxy Chem. Di Asia Tenggara, Roxy Chem menghadapi beberapa tantangan dan masalah terkait dengan perluasan pangsa pasar. Penyebab utamanya dikarenakan regulasi udara yang tidak ketat, persaingan yang agresif, dan waktu pengiriman produk yang lama. Dengan tekanan dari CEO dan strategi top-down untuk meningkatkan pangsa pasar, mengembangkan strategi yang tepat akan membantu perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar dari 5% menjadi 30% pada tahun 2030. Merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan pangsa pasar sangat penting dalam meningkatkan keberhasilan setelah melakukan pengumpulan data melalui wawancara dengan pelanggan utama dan distributor di seluruh Asia Tenggara. Langkah awal dimulai dari memahami faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pasar cat dekoratif di Asia Tenggara untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam mengembangkan pasar. Setelah itu, Roxy Chem dapat mengembangkan strateginya menggunakan Segmentasi, Penargetan, Posisi dan marketing mix 4Ps. Berdasarkan strategi yang dikembangkan, Roxy Chem dapat membuat rencana implementasi jangka panjang dan meninjau peluang bisnis menggunakan Real, Win Worth (RWW) untuk mengungguli pesaing di pasar. Dengan mengimplementasikan strategi ini, Roxy Chem dapat mencapai tujuannya untuk meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas jangka panjangnya.