digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Cover - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Pustaka - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Lampiran - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Mitra Ekspedisi Jawa (MEJ) merupakan perusahaan logistik yang berdisi sejak tahun 2021 dan memiliki 13 pegawai tetap dengan 120 driver outsource . Saat ini, PT MEJ sedang menghadapi berbagai tantangan operasional, khususnya pada Divisi Fleet Management. Permasalahan yang dihadapi meliputi tingginya biaya operasional, rendahnya efisiensi penggunaan armada, tingginya kecelakaan pengiriman, serta kurang optimalnya perencanaan rute dan pengelolaan tenaga kerja. Permasalahan tersebut berdampak pada penurunan kinerja finansial perusahaan. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidakselarasan antara strategi perusahaan dengan pelaksanaannya di lapangan, komunikasi yang tidak efektif dalam organisasi, serta belum adanya sistem manajemen kinerja yang terstruktur. Oleh karena itu, penelitian ini merancang sistem manajemen kinerja berbasis integrasi Objective & Key result (OKR) dan Balanced Scorecard (BSC) dalam continuous performance management untuk PT MEJ. Metodologi yang digunakan diawali dengan penurunan strategi perusahaan menjadi strategic objective (SO) yang dipetakan dalam empat perspektif BSC, meliputi finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Selanjutnya, SO tersebut diturunkan menjadi OKR yang mencakup level perusahaan, divisi, dan individu. Dalam penelitian ini, perancangan difokuskan pada Divisi Fleet Management. Proses penurunan OKR dilakukan melalui metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot prioritas, serta validasi menggunakan face validity. Rancangan ini juga mencakup perancangan kamus kinerja, formulir evaluasi kinerja, serta kerangka implementasi CFR (Conversation, Feedback, Recognition) untuk mendorong komunikasi dan evaluasi kinerja berkelanjutan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan strategy map yang komprehensif, OKR-BSC yang terintegrasi, serta kerangka evaluasi kinerja berbasis CFR yang dapat diimplementasikan oleh PT MEJ. Rancangan ini diharapkan mampu meningkatkan keselarasan strategi dan operasional perusahaan, memperbaiki efisiensi, serta mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di PT Mitra Ekspedisi Jawa (MEJ).