Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Cover - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pustaka - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Lampiran - Vanisa Maudyna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Mitra Ekspedisi Jawa (MEJ) merupakan perusahaan logistik yang berdisi sejak tahun
2021 dan memiliki 13 pegawai tetap dengan 120 driver outsource . Saat ini, PT MEJ sedang
menghadapi berbagai tantangan operasional, khususnya pada Divisi Fleet Management.
Permasalahan yang dihadapi meliputi tingginya biaya operasional, rendahnya efisiensi
penggunaan armada, tingginya kecelakaan pengiriman, serta kurang optimalnya
perencanaan rute dan pengelolaan tenaga kerja. Permasalahan tersebut berdampak pada
penurunan kinerja finansial perusahaan. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidakselarasan
antara strategi perusahaan dengan pelaksanaannya di lapangan, komunikasi yang tidak
efektif dalam organisasi, serta belum adanya sistem manajemen kinerja yang terstruktur.
Oleh karena itu, penelitian ini merancang sistem manajemen kinerja berbasis integrasi
Objective & Key result (OKR) dan Balanced Scorecard (BSC) dalam continuous
performance management untuk PT MEJ.
Metodologi yang digunakan diawali dengan penurunan strategi perusahaan menjadi
strategic objective (SO) yang dipetakan dalam empat perspektif BSC, meliputi finansial,
pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Selanjutnya, SO
tersebut diturunkan menjadi OKR yang mencakup level perusahaan, divisi, dan individu.
Dalam penelitian ini, perancangan difokuskan pada Divisi Fleet Management. Proses
penurunan OKR dilakukan melalui metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk
menentukan bobot prioritas, serta validasi menggunakan face validity. Rancangan ini juga
mencakup perancangan kamus kinerja, formulir evaluasi kinerja, serta kerangka
implementasi CFR (Conversation, Feedback, Recognition) untuk mendorong komunikasi
dan evaluasi kinerja berkelanjutan.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan strategy map yang komprehensif, OKR-BSC
yang terintegrasi, serta kerangka evaluasi kinerja berbasis CFR yang dapat
diimplementasikan oleh PT MEJ. Rancangan ini diharapkan mampu meningkatkan
keselarasan strategi dan operasional perusahaan, memperbaiki efisiensi, serta mendukung
pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di PT Mitra Ekspedisi Jawa (MEJ).
Perpustakaan Digital ITB