BAB I Miftakhul Munir [27123001]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Miftakhul Munir [27123001]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Miftakhul Munir [27123001]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Miftakhul Munir [27123001]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Miftakhul Munir [27123001]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan live commerce sebagai strategi pemasaran interaktif berbasis siaran langsung telah mendorong munculnya praktik promosi baru di ranah e-commerce Indonesia. Salah satu pelaku yang aktif mengembangkan strategi ini adalah Agensi Creviti Media, agensi yang bergerak dalam bidang digital marketing salah satunya memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM untuk bisa mengoptimalkan fitur live streaming secara profesional. Creviti Media merupakan salah satu agensi lokal yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur. Selama hampir enam tahun berkiprah, Creviti Media telah membantu ratusan brand baik skala UMKM maupun perusahaan dalam meningkatkan kehadiran digital mereka. Termasuk Finna Food yang menjadi salah satu brand yang setia bekerjasama dengan Creviti Media dengan layanan live streaming commerce selama satu tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kreatif yang dilakukan oleh Agensi Creviti Media dalam merancang dan mengelola Shopee Live Finna Food, guna memahami bagaimana strategi komunikasi visual, konten, dan performa host dioptimalkan dalam membentuk pengalaman belanja yang menarik bagi audiens. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi kasus tunggal, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap tim Agensi Creviti Media, observasi partisipatif, serta dokumentasi materi visual live dan konten pendukung lainnya.
Analisis dilakukan dengan mengacu pada teori proses kreatif dalam komunikasi pemasaran serta pendekatan komunikasi digital partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kreatif Shopee Live Finna Food melibatkan tahap pra-produksi (pemahaman brief, product knowledge, penentuan jadwal, host, elemen visual, dan riset kompetitor), produksi (strategi komunikasi, dan konten pendukung), serta pasca-produksi (evaluasi performa, dan penyusunan laporan). Strategi komunikasi disesuaikan dengan karakter produk yang dekat dengan pasar ibu rumah tangga dan pelaku usaha kuliner. Penelitian ini juga memperkenalkan penerapan model komunikasi AIDMA (Attention, Interest, Desire, Memory, Action) dalam menganalisis proses kreatif Shopee Live Finna Food. Ditemukan bahwa elemen-elemen teknis dan non-teknis, seperti penataan visual dan strategi komunikasi verbal, berperan signifikan dalam menarik perhatian, membangkitkan minat, serta mendorong keinginan dan tindakan pembelian audiens. Dalam analisis yang menggunakan kerangka Marketing Mix, ditemukan bahwa elemen-elemen seperti product, people, dan promotion merupakan faktor kunci dalam mencipta-kan pengalaman yang menggugah audiens dan mendukung keputusan pembelian. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, rekomendasi juga diberikan untuk meningkat-kan pengaruh strategi, antara lain dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi pihak ketiga untuk mendukung visual, menetapkan SOP yang lebih fleksibel untuk host, serta memperbanyak tema live cooking yang memperkuat koneksi emosional audiens dengan produk. Dengan demikian, penelitian ini memperlihatkan bahwa integrasi antara pendekatan kreatif, komunikasi visual, dan kolaborasi erat antara agensi dan klien merupakan kunci efektivitas dalam strategi live commerce.
Perpustakaan Digital ITB