digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan era ekonomi kreatif telah mendorong pertumbuhan sektor periklanan di Indonesia sebagai salah satu industri yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Sebagai elemen utama dalam periklanan, kreativitas memainkan peran penting dalam menciptakan kampanye yang unik, relevan, dan inovatif. Agensi Ambilhati merupakan agensi lokal yang menonjol di Indonesia dan dinobatkan sebagai Creative Agency of The Year 2020 oleh Citra Pariwara. Pada tahun 2021, salah satu proyek terbarunya ialah iklan JD.id “#DijaminOri, Ongkirnya Free” yang dirancang untuk membuat JD.id menonjol dan berbeda di antara persaingan pasar e-commerce yang sangat kompetitif, tetapi memiliki materi promosi iklan yang mirip satu dengan lainnya. Penelitian ini menganalisis proses kreatif perancangan iklan e-commerce JD.id oleh Agensi Ambilhati dengan tujuan memahami proses kreatif industri periklanan dalam merancang kampanye yang relevan di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, yakni pasar e-commerce yang mengalami peningkatan pasca pandemi COVD-19. Penulis menggunakan metode deskriptif eksplanatif dengan tujuan untuk memahami fenomena tertentu dan menjelaskan hal-hal yang mendasari fenomena tersebut. Analisis dilakukan terhadap subjek penelitian Ambilhati Creative Agency yang berfokus pada pembuatan iklan 360° marketing campaign atau penawaran solusi komprehensif kepada klien dengan mengatasi semua aspek kebutuhan komunikasi dan pemasaran klien. Penulis mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur secara mendalam terhadap tim agensi Ambilhati yang terlibat dalam proses perancangan iklan JD.id, yakni art director dan copywriter, kemudian menganalisis dokumen tertulis berupa deck presentasi visual agensi Ambilhati. Penulis mengolah data dengan metode analisis deskriptif terhadap proses kreatif agensi Ambilhati menggunakan pendekatan teori proses kreatif periklanan yang telah dimodifikasi, serta menganalisis proses kreatif tersebut menggunakan teori kreativitas yang mengacu pada model berpikir lateral (divergen) dan konvensional (konvergen). Penelitian ini mengungkap bahwa proses kreatif yang dilakukan Agensi Ambilhati dalam merancang ide kreatif iklan melibatkan model berpikir lateral (divergen) dan konvensional (konvergen) untuk menciptakan pendekatan yang lebih komprehensif dalam memecahkan masalah klien JD.id. Adapun model berpikir lateral dan konvensional yang muncul dalam proses kreatif agensi Ambilhati terjadi secara komunal dan berulang (iteratif) untuk menciptakan solusi yang maksimal hingga akhirnya memperoleh ide besar kampanye JD.id yang utuh dan mempertimbangkan i kepentingan klien, khalayak sasaran, pesaing, serta teknologi yang mendukung proses perancangan iklan.