
Karinda Amilia S. Rumahorbo [27121086]
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos Ringkasan
Perkembangan era ekonomi kreatif telah mendorong pertumbuhan sektor
periklanan di Indonesia sebagai salah satu industri yang berkontribusi signifikan
terhadap perekonomian nasional. Sebagai elemen utama dalam periklanan,
kreativitas memainkan peran penting dalam menciptakan kampanye yang unik,
relevan, dan inovatif. Agensi Ambilhati merupakan agensi lokal yang menonjol di
Indonesia dan dinobatkan sebagai Creative Agency of The Year 2020 oleh Citra
Pariwara. Pada tahun 2021, salah satu proyek terbarunya ialah iklan JD.id
“#DijaminOri, Ongkirnya Free” yang dirancang untuk membuat JD.id menonjol
dan berbeda di antara persaingan pasar e-commerce yang sangat kompetitif, tetapi
memiliki materi promosi iklan yang mirip satu dengan lainnya. Penelitian ini
menganalisis proses kreatif perancangan iklan e-commerce JD.id oleh Agensi
Ambilhati dengan tujuan memahami proses kreatif industri periklanan dalam
merancang kampanye yang relevan di tengah persaingan pasar yang semakin
kompetitif, yakni pasar e-commerce yang mengalami peningkatan pasca pandemi
COVD-19. Penulis menggunakan metode deskriptif eksplanatif dengan tujuan
untuk memahami fenomena tertentu dan menjelaskan hal-hal yang mendasari
fenomena tersebut. Analisis dilakukan terhadap subjek penelitian Ambilhati
Creative Agency yang berfokus pada pembuatan iklan 360° marketing campaign
atau penawaran solusi komprehensif kepada klien dengan mengatasi semua aspek
kebutuhan komunikasi dan pemasaran klien. Penulis mengumpulkan data melalui
wawancara semi terstruktur secara mendalam terhadap tim agensi Ambilhati yang
terlibat dalam proses perancangan iklan JD.id, yakni art director dan copywriter,
kemudian menganalisis dokumen tertulis berupa deck presentasi visual agensi
Ambilhati. Penulis mengolah data dengan metode analisis deskriptif terhadap
proses kreatif agensi Ambilhati menggunakan pendekatan teori proses kreatif
periklanan yang telah dimodifikasi, serta menganalisis proses kreatif tersebut
menggunakan teori kreativitas yang mengacu pada model berpikir lateral
(divergen) dan konvensional (konvergen). Penelitian ini mengungkap bahwa
proses kreatif yang dilakukan Agensi Ambilhati dalam merancang ide kreatif
iklan melibatkan model berpikir lateral (divergen) dan konvensional (konvergen)
untuk menciptakan pendekatan yang lebih komprehensif dalam memecahkan
masalah klien JD.id. Adapun model berpikir lateral dan konvensional yang
muncul dalam proses kreatif agensi Ambilhati terjadi secara komunal dan
berulang (iteratif) untuk menciptakan solusi yang maksimal hingga akhirnya
memperoleh ide besar kampanye JD.id yang utuh dan mempertimbangkan
i
kepentingan klien, khalayak sasaran, pesaing, serta teknologi yang mendukung
proses perancangan iklan.