Pandemi Covid-19 di Indonesia yang dimulai sejak tahun 2020 telah menyebabkan dampak yang
begitu kritis dalam sektor kesehatan dan juga kegiatan perekonomian nasional. Banyak usaha di
Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19 terutama untuk sektor usaha mikro, kecil dan
menengah (UMKM) yang dimana sektor tersebut memiliki peran yang penting dalam
membangun Perekonomian negara. Dampak negatif yang terjadi akibat pandemi Covid-19 telah
menyebabkan setiap orang untuk terus beradaptasi dengan perubahan dalam strategi masing
masing bisnis untuk dapat terus berkembang. Toko Jaya Raya sebagai salah satu UMKM yang
menjual berbagai barang elektronik telah merasakan dampak yang sangat besar karena pandemi
ini. Toko Jaya Raya harus tutup selama kurang lebih 15 bulan dalam rangka mendukung
pemerintah mengurangi penyebaran Covid-19 dan untuk keamanan keluarga. Adanya perubahan
yang signifikan setelah pandemi membuat penghasilan pada toko tersebut menurun drastis.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mempelajari kondisi bisnis setelah pandemi serta mencari
strategi omnichannel yang tepat untuk menghadapi permasalahannya. Dengan melakukan
penelitian ini secara kuantitatif, penulis menyebarkan survei kuesioner untuk mengetahui
efektifitas dari solusi yang ingin diajukan kepada Toko Jaya Raya. Hasil analisis yang dianalisa
akan digunakan untuk merumuskan solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan penelitian
untuk Toko Jaya Raya. Ada 4 solusi yang diusulkan oleh penulis yaitu pengiklanan dengan
digital catalog melalui semua platform digital yang dapat dimanfaatkan. Mendaftar di platform
digital sebagai langkah awal membuka toko online, optimalisasi promosi digital dengan
menggunakan sosial media, dan pembuatan katalog digital yang menarik. Solusi solusi yang
diberikan diharapkan untuk dapat membantu Toko Jaya Raya dalam meningkatkan kesadaran
pelanggan dan keputusan pelanggan untuk berbelanja.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi terbaik untuk saluran yang
ditawarkan untuk Toko Jaya Raya dengan hasil yang terkait dengan variabel dependen dalam
kerangka konseptual dalam penelitian ini. Variabel dependen yang akan menjadi tujuan dari
variabel independen yang ditawarkan meliputi pelanggan. kesadaran dan keputusan pembelian.
Penulis berharap nantinya tujuan penelitian yang ditawarkan dapat tercapai sehingga
permasalahan yang dimiliki oleh Toko Jaya Raya dapat terjawab.
Perpustakaan Digital ITB