digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang dimulai sejak tahun 2020 telah menyebabkan dampak yang begitu kritis dalam sektor kesehatan dan juga kegiatan perekonomian nasional. Banyak usaha di Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19 terutama untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dimana sektor tersebut memiliki peran yang penting dalam membangun Perekonomian negara. Dampak negatif yang terjadi akibat pandemi Covid-19 telah menyebabkan setiap orang untuk terus beradaptasi dengan perubahan dalam strategi masing masing bisnis untuk dapat terus berkembang. Toko Jaya Raya sebagai salah satu UMKM yang menjual berbagai barang elektronik telah merasakan dampak yang sangat besar karena pandemi ini. Toko Jaya Raya harus tutup selama kurang lebih 15 bulan dalam rangka mendukung pemerintah mengurangi penyebaran Covid-19 dan untuk keamanan keluarga. Adanya perubahan yang signifikan setelah pandemi membuat penghasilan pada toko tersebut menurun drastis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mempelajari kondisi bisnis setelah pandemi serta mencari strategi omnichannel yang tepat untuk menghadapi permasalahannya. Dengan melakukan penelitian ini secara kuantitatif, penulis menyebarkan survei kuesioner untuk mengetahui efektifitas dari solusi yang ingin diajukan kepada Toko Jaya Raya. Hasil analisis yang dianalisa akan digunakan untuk merumuskan solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan penelitian untuk Toko Jaya Raya. Ada 4 solusi yang diusulkan oleh penulis yaitu pengiklanan dengan digital catalog melalui semua platform digital yang dapat dimanfaatkan. Mendaftar di platform digital sebagai langkah awal membuka toko online, optimalisasi promosi digital dengan menggunakan sosial media, dan pembuatan katalog digital yang menarik. Solusi solusi yang diberikan diharapkan untuk dapat membantu Toko Jaya Raya dalam meningkatkan kesadaran pelanggan dan keputusan pelanggan untuk berbelanja. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi terbaik untuk saluran yang ditawarkan untuk Toko Jaya Raya dengan hasil yang terkait dengan variabel dependen dalam kerangka konseptual dalam penelitian ini. Variabel dependen yang akan menjadi tujuan dari variabel independen yang ditawarkan meliputi pelanggan. kesadaran dan keputusan pembelian. Penulis berharap nantinya tujuan penelitian yang ditawarkan dapat tercapai sehingga permasalahan yang dimiliki oleh Toko Jaya Raya dapat terjawab.