Salah satu mode transportasi umum adalah bus, dan penyedianya disebut
Perusahaan Otobus (Jamak: Autobus Companies). Pada tahun 2021 lalu, setelah
pelarangan mudik dan pelonggaran aturan selama Covid-19, beberapa perusahaan
otobus yang bergerak di bidang pariwisata kini membuka divisi reguler dengan
rute-rute tertentu dan mempersiapkan armada mereka untuk mengisi kelas-kelas
dan fasilitas yang ditawarkan. Beberapa perusahaan otobus juga merombak unit
yang dibeli dalam kondisi bekas untuk mempertahankan pelanggan dan juga
menambah pelanggan baru. Para perusahaan otobus bersaing dengan pelayanan
mereka untuk mendapatkan pelanggan, tetapi di sisi lain, para perusahaan otobus
bekerja sama untuk membangun perekonomian di Indonesia. Sekarang konsumen
memunyai banyak pilihan pelayanan perusahaan otobus untuk dibeli. Tesis ini
mendeskripsikan factor-faktor yang memuaskan pelanggan sehingga membeli
kembali layanan bus serta relasi antara perubahan pada perusahaan otobus dengan
perubahan ekspektasi konsumen. Data empiris diambil dari penduduk Indonesia
khususnya Pulau Jawa yang melakukan perjalanan dengan rute tertentu dengan bus
sebagai alat transportasinya. Hipotesis pada tesis ini adalah bahwa factor re-buy
yang paling berpengaruh bagi pelanggan adalah Keramahan Kru untuk kelas
Pariwisata, Harga untuk kelas Patas dan Bisnis, serta Kenyamanan untuk kelas
Executive dan Super Executive. Harga juga merupakan factor re-buy yang paling
berpengaruh ditinjau dari semua kelas. Ekspektasi yang paling banyak menjadi
ekspektasi konsumen untuk membeli kembali layanan bus adalah Ekspektasi
Situasional, Performa Dinamik, dan Teknologi. Kesimpulan yang didapatkan
adalah beberapa factor re-buy bagi pelanggan sesuai dengan hipotesis kecuali untuk
kelas Executive dimana Kemudahan Membeli Tiket menjadi factor re-buy untuk
kelas Executive, lalu ekspektasi konsumen yang paling banyak menjadi ekspektasi
untuk membeli kembali layanan bus adalah Ekspektasi Situasional, Performa
Dinamik, dan Teknologi, sesuai dengan hipotesis.
Perpustakaan Digital ITB