digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu mode transportasi umum adalah bus, dan penyedianya disebut Perusahaan Otobus (Jamak: Autobus Companies). Pada tahun 2021 lalu, setelah pelarangan mudik dan pelonggaran aturan selama Covid-19, beberapa perusahaan otobus yang bergerak di bidang pariwisata kini membuka divisi reguler dengan rute-rute tertentu dan mempersiapkan armada mereka untuk mengisi kelas-kelas dan fasilitas yang ditawarkan. Beberapa perusahaan otobus juga merombak unit yang dibeli dalam kondisi bekas untuk mempertahankan pelanggan dan juga menambah pelanggan baru. Para perusahaan otobus bersaing dengan pelayanan mereka untuk mendapatkan pelanggan, tetapi di sisi lain, para perusahaan otobus bekerja sama untuk membangun perekonomian di Indonesia. Sekarang konsumen memunyai banyak pilihan pelayanan perusahaan otobus untuk dibeli. Tesis ini mendeskripsikan factor-faktor yang memuaskan pelanggan sehingga membeli kembali layanan bus serta relasi antara perubahan pada perusahaan otobus dengan perubahan ekspektasi konsumen. Data empiris diambil dari penduduk Indonesia khususnya Pulau Jawa yang melakukan perjalanan dengan rute tertentu dengan bus sebagai alat transportasinya. Hipotesis pada tesis ini adalah bahwa factor re-buy yang paling berpengaruh bagi pelanggan adalah Keramahan Kru untuk kelas Pariwisata, Harga untuk kelas Patas dan Bisnis, serta Kenyamanan untuk kelas Executive dan Super Executive. Harga juga merupakan factor re-buy yang paling berpengaruh ditinjau dari semua kelas. Ekspektasi yang paling banyak menjadi ekspektasi konsumen untuk membeli kembali layanan bus adalah Ekspektasi Situasional, Performa Dinamik, dan Teknologi. Kesimpulan yang didapatkan adalah beberapa factor re-buy bagi pelanggan sesuai dengan hipotesis kecuali untuk kelas Executive dimana Kemudahan Membeli Tiket menjadi factor re-buy untuk kelas Executive, lalu ekspektasi konsumen yang paling banyak menjadi ekspektasi untuk membeli kembali layanan bus adalah Ekspektasi Situasional, Performa Dinamik, dan Teknologi, sesuai dengan hipotesis.