BAB I Caesar Achmad Firjaun Faqih A. [27123065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Caesar Achmad Firjaun Faqih A. [27123065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Achmad Firjaun Faqih A. [27123065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Caesar Achmad Firjaun Faqih A. [27123065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Caesar Achmad Firjaun Faqih A. [27123065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan media imersif, khususnya metaverse, membuka peluang baru bagi
promosi pariwisata melalui pengalaman digital yang imersif, personal, dan
partisipatif. Media ini mampu menghadirkan dimensi pengalaman yang melampaui
batas media promosi konvensional, dengan menggabungkan narasi, ruang virtual,
interaksi avatar, dan aset digital yang dapat dimiliki pengguna. Potensi tersebut
menjadikannya relevan untuk dikaji sebagai strategi membentuk citra dan persepsi
destinasi, khususnya pada Generasi Z yang memiliki kebiasaan konsumsi media
digital. Penelitian ini membahas peluang tersebut melalui penerapan prinsip
branding destinasi imersif untuk merancang media promosi berbasis metaverse bagi
destinasi desa wisata.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media digital berbasis metaverse sebagai
sarana promosi destinasi guna meningkatkan ketertarikan Generasi Z, dengan studi
kasus yang mengeksplorasi Desa Wisata Pujon Kidul. Perancangan menggunakan
kerangka Double Diamond untuk menghasilkan prototipe digital berbasis
metaverse. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner.
Prototipe diuji melalui pertanyaan semi-terstruktur yang mengeksplorasi
representasi digital twin dan citra destinasi yang terbentuk, serta pengukuran
Ekuitas Brand untuk menilai pengalaman pengguna dari aspek imersivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metaverse mampu memperkuat kesadaran
merek, citra positif, dan persepsi kualitas destinasi, sekaligus membangun
keterlibatan emosional melalui pengalaman imersif yang menggabungkan narasi
eksploratif, personalisasi avatar, dan aktivitas interaktif berbasis konten lokal.
Meskipun tingkat loyalitas dan familiaritas pengguna masih sedang, peluang
penguatan tetap terbuka melalui pengayaan konten budaya, strategi co-creation, dan
integrasi fitur yang menghubungkan pengalaman virtual dengan kunjungan fisik.
Temuan ini menegaskan potensi besar metaverse untuk membentuk citra,
memperkuat identitas, dan meningkatkan keterlibatan, serta memungkinkan
penyampaian narasi dan identitas lokal secara kreatif bagi generasi digital.
Perpustakaan Digital ITB