digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini mengeksplorasi potensi pencahayaan dalam ruang pameran metaverse di Institut Teknologi Bandung. Pameran menampilkan karya dua seniman senior yang menggunakan teknik desain yang exaggerated untuk mengeksplorasi valensi emosional positif dan negatif. Variasi temporal digunakan untuk menciptakan konfigurasi warna dan pencahayaan guna memprovokasi respons emosional dalam virtual reality (VR). Proses desain melibatkan 3D Studio Max dan AutoCAD untuk pemodelan, Unreal Engine untuk konfigurasi pencahayaan, serta berbagai teknik pencahayaan. Metode yang diterapkan menghasilkan efek realistis, meningkatkan lingkungan metaverse untuk memfasilitasi pengalaman VR yang menarik. Desain pencahayaan diuji dengan 28 responden untuk mengevaluasi tema desain positif dan negatif dalam VR. Stimulus positif, yang ditandai dengan kecerahan dan warna yang kaya, mendorong eksplorasi lebih lanjut, sedangkan stimulus negatif, yang ditandai dengan kegelapan dan suhu warna rendah, menciptakan ketegangan dan mengurangi minat dalam interaksi. Oleh karena itu, pencahayaan memainkan peran sentral dalam membentuk pengalaman responden.