digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TS PP KRISANTIUS RYANDI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Pandemi Covid-19 memicu megashift yang menciptakan transformasi cepat ke dunia virtual, termasuk pertumbuhan signifikan Metaverse. Metaverse menawarkan potensi revolusioner dalam berbagai industri, dari hiburan hingga desain interior, meskipun implementasinya memerlukan pertimbangan hati-hati untuk keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ruang ekshibisi dalam bangunan heritage Aula Timur kampus Ganesha Institut teknologi Bandung (ITB) yang berbasis eksageratif dalam metaverse dengan tujuan memberikan pengunjung pengalaman realita yang berlebih (extended reality). Pengunjung dapat mengeksplorasi desain ekshibisi ini melalui tiga sudut pandang berbeda: poin pandang, Levitating View (sensasi terbang dan melayang), dan Dwarf's view (sensasi menjadi makhluk kecil yang melihat objek-objek besar). 28 responden mengevalu qasi pengalaman eksageratif langsung berada dalam ekshibisi metaverse Aula Timur Kampus Ganesha ITB dan selanjutnya di interview. Hasilnya, responden mengalami perubahan sensasi secara lebih Tenggelam (Immersive) dan Terpesona (Captivated) terhadap karya seni pamer yang menjadi multidimensional. Karya seni pada ekshibisi metaverse Aula Timur ITB meningkatkan rasa Terpesona (Captivated) responden karena sensasi skala dengan sudut pandang melayang dan skala kecil. Penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan pengalaman baru peningkatan keterlibatan menjelajah (engagement) dan keingintahuan (curiousity) lebih mendalam terhadap objek yang dipamerkan.