2024_TS_PP_Ivan Christianto Alexander Prasetia - 29121411_Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Budaya dasar sosialisasi telah bertransformasi untuk menerima digitalisasi,
termasuk alam semesta virtual sebagai solusi yang mencakup penyesuaian Bekerja
dari Rumah setelah pandemi. Tempat kerja virtual Metaverse sebagai teknologi
revolusioner untuk konektivitas menawarkan peluang sebagai bisnis baru di
Indonesia. Sebagai pasar yang berkembang dengan tren pertumbuhan keuangan
yang positif, Indonesia telah mengalami perubahan besar dalam adopsi teknologi
dalam beberapa tahun terakhir, termasuk adopsi tempat kerja virtual Metaverse.
Perusahaan X sebagai salah satu pemain utama penyedia layanan Teknologi
Informasi melihat ini sebagai peluang untuk mengambil bagian dengan menembus
pasar Metaverse. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan
apakah mungkin bagi Perusahaan X untuk memasuki pasar Metaverse di
Indonesia, membawa solusi tempat kerja virtual untuk klien besar dalam format
perjanjian bisnis ke bisnis. Faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan oleh
Perusahaan X dan strategi apa yang perlu diambil jika Perusahaan X memutuskan
untuk memasuki pasar tersebut serta strategi apa yang dapat digunakan.
Strategi yang diusulkan berasal dari analisis yang dilakukan oleh Penulis, analisis
internal dan eksternal. Analisis internal terdiri dari deskripsi bisnis saat ini
Perusahaan X, proposisi nilai, struktur organisasi, dan analisis STP (Segmentasi,
Targeting, dan Posisi) dari Perusahaan X. Sementara analisis eksternal terdiri dari
analisis makro lingkungan menggunakan PESTEL, Porter’s five forces, analisis
persaingan, dan analisis pelanggan. Kedua analisis menggunakan pendekatan
kualitatif terutama melalui wawancara dengan para ahli dari pengambil keputusan
Perusahaan X dan klien saat ini. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai dasar
untuk pasar bisnis ke bisnis untuk memahami sisi penjual dan sisi pelanggan.
Berdasarkan analisis internal dan eksternal, diskusi, dan sumber-sumber,
kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan SWOT untuk memutuskan bahwa
pasar ini layak untuk masuk. Tempat kerja virtual Metaverse adalah pasar yang
akan memberikan manfaat terbesar dengan menjadi pelaku pertama. Selain itu,
kemampuan saat ini dari Perusahaan X melalui analisis SWOT akan membantu
strategi penetrasi pasar baru. Strategi pasar kemudian dikembangkan
menggunakan analisis TOWS dan uji esensial Porter untuk memperkuat
pembenaran pengambilan keputusan dan juga rekomendasi. Dengan menggunakan
itu, Penulis akhirnya menyimpulkan bahwa tempat kerja virtual Metaverse akan
menjadi pasar potensial untuk diversifikasi bisnis baru bagi Perusahaan X.
Pengembangan yang dilakukan haruslah mengincar posisi sebagai penggerak
pertama. Penetrasi pasar dimulai dengan mempersiapkan sumber daya manusia ari perusahaan X, membuat prototipe yang dapat meningkatkan potensi
kerjasama, menawarkan servis dalam bentuk pengembangan beberapa tahap, dan
menawarkan jasa operasional untuk kerjasama jangka panjang.