digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Budaya dasar sosialisasi telah bertransformasi untuk menerima digitalisasi, termasuk alam semesta virtual sebagai solusi yang mencakup penyesuaian Bekerja dari Rumah setelah pandemi. Tempat kerja virtual Metaverse sebagai teknologi revolusioner untuk konektivitas menawarkan peluang sebagai bisnis baru di Indonesia. Sebagai pasar yang berkembang dengan tren pertumbuhan keuangan yang positif, Indonesia telah mengalami perubahan besar dalam adopsi teknologi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk adopsi tempat kerja virtual Metaverse. Perusahaan X sebagai salah satu pemain utama penyedia layanan Teknologi Informasi melihat ini sebagai peluang untuk mengambil bagian dengan menembus pasar Metaverse. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah mungkin bagi Perusahaan X untuk memasuki pasar Metaverse di Indonesia, membawa solusi tempat kerja virtual untuk klien besar dalam format perjanjian bisnis ke bisnis. Faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan oleh Perusahaan X dan strategi apa yang perlu diambil jika Perusahaan X memutuskan untuk memasuki pasar tersebut serta strategi apa yang dapat digunakan. Strategi yang diusulkan berasal dari analisis yang dilakukan oleh Penulis, analisis internal dan eksternal. Analisis internal terdiri dari deskripsi bisnis saat ini Perusahaan X, proposisi nilai, struktur organisasi, dan analisis STP (Segmentasi, Targeting, dan Posisi) dari Perusahaan X. Sementara analisis eksternal terdiri dari analisis makro lingkungan menggunakan PESTEL, Porter’s five forces, analisis persaingan, dan analisis pelanggan. Kedua analisis menggunakan pendekatan kualitatif terutama melalui wawancara dengan para ahli dari pengambil keputusan Perusahaan X dan klien saat ini. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai dasar untuk pasar bisnis ke bisnis untuk memahami sisi penjual dan sisi pelanggan. Berdasarkan analisis internal dan eksternal, diskusi, dan sumber-sumber, kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan SWOT untuk memutuskan bahwa pasar ini layak untuk masuk. Tempat kerja virtual Metaverse adalah pasar yang akan memberikan manfaat terbesar dengan menjadi pelaku pertama. Selain itu, kemampuan saat ini dari Perusahaan X melalui analisis SWOT akan membantu strategi penetrasi pasar baru. Strategi pasar kemudian dikembangkan menggunakan analisis TOWS dan uji esensial Porter untuk memperkuat pembenaran pengambilan keputusan dan juga rekomendasi. Dengan menggunakan itu, Penulis akhirnya menyimpulkan bahwa tempat kerja virtual Metaverse akan menjadi pasar potensial untuk diversifikasi bisnis baru bagi Perusahaan X. Pengembangan yang dilakukan haruslah mengincar posisi sebagai penggerak pertama. Penetrasi pasar dimulai dengan mempersiapkan sumber daya manusia ari perusahaan X, membuat prototipe yang dapat meningkatkan potensi kerjasama, menawarkan servis dalam bentuk pengembangan beberapa tahap, dan menawarkan jasa operasional untuk kerjasama jangka panjang.