Fatimah Musyhidah Mitsaqon G. [17321016]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Boarding School merupakan salah satu tipe sekolah yang unik dalam menerapkan
sistem belajar 24 jam di sekolah, sehingga segala kegiatan yang dilakukan siswa
Boarding School akan sangat terpantau dan terorganisir dengan baik. Banyak nya
kegiatan dan sistem yang diterapkan terkadang memunculkan beberapa isu terkait
sistem edukasi ini, salah satunya adalah konsiderasi akan kesehatan mental yang
berpengaruh terhadap tingkat kecemasan dan indikasi depresi yang signifikan
dibandingkan dengan sistem sekolah regular. Beberapa kebutuhan yang tidak
terpenuhi dan tidak sesuai standar dapat memberikan dampak berkepanjangan
terhadap kesejahteraan siswa, oleh karena itu diperlukannya standar perancangan
ruang yang baik agar dapat mengakomodasi sebuah Boarding School dengan
pendekatan sistem wellness design yang mampu mengurangi tingkat keresahan
dan kebutuhan siswa agar kualitas hidupnya lebih terjamin dan berkualitas.
Dalam perancangan Boarding School ini dilakukan metode penelitian dengan
basis literatur sebagai landasan batasan teori, dan kualitatif deskriptif sebagai
metode pengumpulan data dari berbagai sumber yakni wawancara, dan juga
kuesioner terhadap siswa Boarding School SMA. Data yang diperoleh akan
menjadi basis landasan kebutuhan perancangan wellness design para perancangan
Boarding School. Fokus utama keresahan yang dirasakan berupa kejenuhan akan
kegiatan yang monoton serta perasaan homesick yang dirasakan ketika jauh dari
rumah. Konsiderasi kebutuhan yang harus ada dalam perancangan berupa konsep
desain berbasis wellness design yang memberikan kebutuhan fasilitas ruang yang
beragam untuk mengakomodasi kegiatan yang lebih bervariatif sehingga
mengurangi efek jenuh selama tinggal di lingkungan boarding school. desain
kemudian mengadaptasi konsep visualnya melalui pendekatan religius tentang
penggambaran keindahan alam yang asri dan menenangkan sebagai terapi visual
terhadap psikologis siswa.
Perpustakaan Digital ITB