Daftar Pustaka Nelies Nur Sholihah
EMBARGO  2028-09-22 
EMBARGO  2028-09-22 
Lampiran Nelies Nur Sholihah
EMBARGO  2028-09-22 
EMBARGO  2028-09-22 
Pendidikan merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Di Indonesia, selain diselenggarakan negara, pendidikan juga dijalankan oleh yayasan melalui model sekolah filantropi. Salah satunya adalah SMA Unggulan CT ARSA Foundation, sekolah gratis berasrama yang didirikan oleh Chairul Tanjung. Penelitian ini bertujuan menganalisis tata kelola penyelenggaraan pendidikan di SMA Unggulan CT ARSA Foundation serta mengidentifikasi bagaimana ideologi dan nilai-nilai direpresentasikan melalui praktik dan wacana pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan dengan kerangka governance dan Critical Discourse Analysis (CDA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola sekolah dibangun melalui mekanisme terstruktur dengan pembagian peran antara kepala sekolah, guru, konselor, dan pengasuh asrama, serta dilengkapi sistem evaluasi mikro dan makro. Prinsip akuntabilitas dijalankan melalui laporan berkala kepada yayasan dan publikasi capaian siswa. Analisis wacana memperlihatkan bahwa sekolah ini membangun citra sebagai lembaga sosial, religius, dan modern dengan narasi dominan “pendidikan gratis untuk memutus rantai kemiskinan.” Identitas sekolah juga direfleksikan melalui penekanan kedisiplinan, nilai keimanan, dan entrepreneurship, yang sejalan dengan orientasi nilai yayasan. SMA Unggulan CT ARSA Foundation memiliki dua dimensi, yakni sebagai institusi pendidikan dengan tata kelola jelas dan akses bagi kelompok miskin, serta sebagai instrumen representasi nilai dan citra korporasi.
Perpustakaan Digital ITB