BAB I Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BA II Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Tahura Djuanda merupakan habitat bagi berbagai jenis serangga polinator,
termasuk kupu-kupu (ordo Lepidoptera), yang berperan penting dalam proses
penyerbukan tanaman. Kupu-kupu membantu menjaga keseimbangan ekosistem
dengan memastikan keberlanjutan reproduksi tanaman berbunga. Menjaga dan
menghargai keberadaan mereka merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap
lingkungan hidup. Materi tersebut masih kurang di eksplorasi dalam pendidikan
karakter peduli lingkungan untuk anak dalam fase konkret, usia 7-9 tahun. Salah satu
model pembelajaran yang efektif dalam menanamkan pendidikan karakter peduli
lingkungan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Model
CTL membantu guru memberikan pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat
menghubungkan materi dengan kehidupan nyata mereka, sehingga mereka lebih
mudah memahami dan menginternalisasi konsep yang diajarkan. untuk itu diperlukan
media untuk mengenalkan pendidikan karakter ini. Media WPB (Wordless Picture
Book) dapat menjadi jawaban karena memiliki konsep yang sejalan dengan model
pembelajaran CTL
Tujuan perancangan ini adalah mengeksplorasi materi mengenai Lepidoptera
secara kontekstual dalam pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pendekatan
WPB yang sejalan dengan model CTL. Perancangan dilakukan dengan menggunakan
metode design thinking dengan pengambilan data menggunakan metode observasi ,
wawancara serta didukung studi literatur. Hasil perancangan berupa interactive
wordless picture book cetak dengan fitur interaktif berupa flap, pull tab dan
ensiklopedia mini sebagai edukasi kontekstual buku. Dari hasil pengujian prototype
didapatkan temuan anak mampu menganalis dan menginterpretasi gambar sesuai
dengan kata kunci pada buku. Serta anak mampu memahami dan menjelaskan pesan
kepedulian lingkungan hidup yang ada dalam buku.
Perpustakaan Digital ITB