digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB I Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BA II Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V Muhammad Irfan Hilmi [27123029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Tahura Djuanda merupakan habitat bagi berbagai jenis serangga polinator, termasuk kupu-kupu (ordo Lepidoptera), yang berperan penting dalam proses penyerbukan tanaman. Kupu-kupu membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan memastikan keberlanjutan reproduksi tanaman berbunga. Menjaga dan menghargai keberadaan mereka merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. Materi tersebut masih kurang di eksplorasi dalam pendidikan karakter peduli lingkungan untuk anak dalam fase konkret, usia 7-9 tahun. Salah satu model pembelajaran yang efektif dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Model CTL membantu guru memberikan pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata mereka, sehingga mereka lebih mudah memahami dan menginternalisasi konsep yang diajarkan. untuk itu diperlukan media untuk mengenalkan pendidikan karakter ini. Media WPB (Wordless Picture Book) dapat menjadi jawaban karena memiliki konsep yang sejalan dengan model pembelajaran CTL Tujuan perancangan ini adalah mengeksplorasi materi mengenai Lepidoptera secara kontekstual dalam pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pendekatan WPB yang sejalan dengan model CTL. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode design thinking dengan pengambilan data menggunakan metode observasi , wawancara serta didukung studi literatur. Hasil perancangan berupa interactive wordless picture book cetak dengan fitur interaktif berupa flap, pull tab dan ensiklopedia mini sebagai edukasi kontekstual buku. Dari hasil pengujian prototype didapatkan temuan anak mampu menganalis dan menginterpretasi gambar sesuai dengan kata kunci pada buku. Serta anak mampu memahami dan menjelaskan pesan kepedulian lingkungan hidup yang ada dalam buku.