2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - References
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Syakira Khairunnisa [19022032] - Appendix
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Pemasaran afiliasi yang tidak diminta telah mendapatkan popularitas di lanskap e- commerce Indonesia, terutama di platform X (sebelumnya Twitter), di mana afiliasi Shopee sering memposting tautan rujukan untuk mendapatkan komisi. Studi ini menyelidiki bagaimana konten yang tidak diminta dan akun afiliasi tersebut memengaruhi kepercayaan konsumen dan, selanjutnya, niat pembelian. Didukung oleh kerangka kerja Cognitive–Affective–Conative (C–A–C), survei kuantitatif dilakukan terhadap 214 pengguna yang terpapar posting afiliasi Shopee yang tidak diminta. Analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa baik konten afiliasi maupun karakteristik akun secara signifikan memengaruhi kepercayaan konsumen, yang secara kuat mendorong niat pembelian. Meskipun demikian, persepsi terhadap promosi yang tidak diminta umumnya negatif, dengan banyak pengguna menganggapnya mengganggu dan kurang kredibel. Temuan ini menunjukkan ketidakcocokan antara taktik pemasaran dan ekspektasi pengguna di platform percakapan. Studi ini menyerukan praktik pemasaran afiliasi yang lebih etis dan transparan, serta menawarkan wawasan praktis untuk menyelaraskan strategi digital dengan dinamika kepercayaan konsumen.
Perpustakaan Digital ITB