digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) merupakan inovasi krusial untuk meningkatkan keselamatan berkendara dengan meminimalkan human error, penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Meskipun potensinya besar, pemanfaatan ADAS di Indonesia belum optimal karena adanya kesenjangan pada pemanfaatan teknologi ADAS akibat variabel perilaku pengguna. Penelitian ini hadir untuk mengevaluasi faktor-faktor perilaku yang memengaruhi penggunaan ADAS yang umum digunakan di Indonesia dengan mengadopsi kerangka teori Cognitive-Affective-Conative (CAC), sehingga dapat dikembangkan rekomendasi strategi untuk meningkatkan penggunaan ADAS di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada 430 pengguna ADAS di Indonesia. Kuesioner yang dikembangkan didasari oleh model konseptual penggunaan ADAS dari penelitian Mudiastuti, (2025) yang terdiri dari variabel Pemahaman dan Persepsi (Kognitif), Preferensi dan Intensi (Afektif), serta Penggunaan (Konatif). Data survei dianalisis menggunakan beberapa uji statistik non parametrik dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji perbedaan statistik serta menguji setiap hipotesis hubungan antar variabel pada model konseptual. Hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa semua jalur hipotesis secara signifikan memiliki hubungan positif. Hal tersebut mengkonfirmasi adanya pengaruh variabel perilaku dalam konteks adopsi ADAS di Indonesia. Preferensi (PF) ADAS terbukti menjadi variabel perilaku paling penting dengan nilai effect size (f 2 ) terbesar dalam mendorong Penggunaan (PG) ADAS di Indonesia. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan tidak ada perbedaan perilaku signifikan berdasarkan jenis kelamin, namun ditemukan adanya kesenjangan generasi yang jelas, di mana pengemudi berusia 17-25 tahun menunjukkan tingkat pemahaman dan penggunaan aktual yang lebih rendah dibandingkan kelompok usia yang lebih tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan penggunaan ADAS, dikembangkan rekomendasi berupa pelatihan berbasis simulator dan kampanye ADAS berbasis sosial media.