Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) merupakan inovasi krusial untuk
meningkatkan keselamatan berkendara dengan meminimalkan human error, penyebab
utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Meskipun potensinya besar, pemanfaatan ADAS
di Indonesia belum optimal karena adanya kesenjangan pada pemanfaatan teknologi ADAS
akibat variabel perilaku pengguna. Penelitian ini hadir untuk mengevaluasi faktor-faktor
perilaku yang memengaruhi penggunaan ADAS yang umum digunakan di Indonesia dengan
mengadopsi kerangka teori Cognitive-Affective-Conative (CAC), sehingga dapat
dikembangkan rekomendasi strategi untuk meningkatkan penggunaan ADAS di Indonesia.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner yang disebarkan
kepada 430 pengguna ADAS di Indonesia. Kuesioner yang dikembangkan didasari oleh
model konseptual penggunaan ADAS dari penelitian Mudiastuti, (2025) yang terdiri dari
variabel Pemahaman dan Persepsi (Kognitif), Preferensi dan Intensi (Afektif), serta
Penggunaan (Konatif). Data survei dianalisis menggunakan beberapa uji statistik non
parametrik dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk
menguji perbedaan statistik serta menguji setiap hipotesis hubungan antar variabel pada
model konseptual.
Hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa semua jalur hipotesis secara signifikan
memiliki hubungan positif. Hal tersebut mengkonfirmasi adanya pengaruh variabel perilaku
dalam konteks adopsi ADAS di Indonesia. Preferensi (PF) ADAS terbukti menjadi variabel
perilaku paling penting dengan nilai effect size (f
2
) terbesar dalam mendorong Penggunaan
(PG) ADAS di Indonesia. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan tidak ada perbedaan
perilaku signifikan berdasarkan jenis kelamin, namun ditemukan adanya kesenjangan
generasi yang jelas, di mana pengemudi berusia 17-25 tahun menunjukkan tingkat
pemahaman dan penggunaan aktual yang lebih rendah dibandingkan kelompok usia yang
lebih tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan penggunaan ADAS,
dikembangkan rekomendasi berupa pelatihan berbasis simulator dan kampanye ADAS
berbasis sosial media.
Perpustakaan Digital ITB