digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SAPAWARGA merupakan bagian dari inisiatif Jabar Super Apps yang dibuat untuk meningkatkan akses terhadap layanan publik di Jawa Barat dengan mengintegrasikan berbagai layanan pemerintah ke dalam satu platform. Terlepas dari potensinya, SAPAWARGA menghadapi beberapa tantangan. Pertama, akuisisi pengguna masih berada di bawah potensi pasarnya, dengan hanya 2,82 juta pengguna terdaftar pada tahun 2024, jumlah yang jauh dari perkiraan pasar yang dapat dijangkau sebesar 4 juta pengguna. Kedua, keterlibatan pengguna masih rendah, dengan hanya 10,23% pengguna terdaftar yang secara aktif menggunakan platform ini setiap minggunya. Masalah-masalah ini menyoroti ketidaksesuaian antara penawaran platform dan kebutuhan audiens targetnya. Penelitian ini berusaha untuk mengatasi kesenjangan ini dengan mengadopsi pendekatan Service Science. Kerangka kerja seperti Value Co-Creation dan Value Orchestration Platform (VOP) diterapkan untuk mengeksplorasi strategi untuk menyelaraskan platform dengan harapan pengguna. Selain itu, Customer Empathy Map digunakan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang perspektif pengguna dan menyempurnakan fitur-fitur platform untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik. Dengan menggunakan metode kualitatif seperti wawancara dengan pengguna, penyedia layanan, dan pembuat kebijakan, studi ini menyajikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan SAPAWARGA. Rekomendasi tersebut mencakup peningkatan desain layanan platform, mendorong kolaborasi yang lebih kuat di antara para pemangku kepentingan, dan mengoptimalkan integrasi sumber daya. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, SAPAWARGA dapat berkembang menjadi solusi digital yang lebih menarik dan berdampak, serta mewujudkan potensinya untuk melayani penduduk Jawa Barat yang melek digital.