2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - References
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Khalishah Maheswari [19022068] - Appendix
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Di era digital saat ini, TikTok muncul sebagai kekuatan utama dalam membentuk proses penemuan musik dan memengaruhi perilaku streaming. Penelitian ini meneliti pengaruh tren musik di TikTok terhadap konversi pendengar ke Spotify dengan menganalisis peran Awareness (kesadaran), Liking (ketertarikan), Word-of-Mouth (penyebaran informasi dari mulut ke mulut), dan Streaming Intention (niat streaming). Fokus khusus diberikan kepada variabel ketertarikan dan WOM yang memberikan efek mediasi. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 222 pengguna TikTok dan Spotify di Indonesia yang berusia antara 17 hingga 54 tahun. Hubungan antar konstruk dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran terhadap tren musik TikTok secara signifikan memengaruhi niat streaming (t = 3.521, p = 0.000), dan berdampak positif terhadap konversi aktual di Spotify. Namun, ukuran efeknya (F2 = 0.079) tergolong kecil, yang berarti kesadaran saja hanya menjelaskan sebagian kecil variasi perilaku. Sebaliknya, niat streaming memberikan pengaruh prediktif yang kuat terhadap konversi aktual (t = 20.923, p = 0.000), dengan ukuran efek terbesar dalam model (F2 = 1.036), sehingga menjadi faktor paling menentukan dalam mendorong perilaku streaming nyata dan mendukung hipotesis yang diajukan. Selain itu, Ketertarikan dan WOM terbukti berperan sebagai mediator signifikan. Temuan ini memberikan validasi mengenai TikTok sebagai platform strategis untuk promosi musik dan memberikan wawasan berharga bagi musisi serta pemasar di industri musik digital.
Perpustakaan Digital ITB