digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Stefanus Kurnia Wijaya
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

Material spinel LiNi0,5Mn1,5O4(LNMO) merupakan suatu material yang digunakan pada katoda baterai. Sifat dari material ini adalah memiliki nilai beda potensial yang tinggi (4,7 V) serta kapasitas spesifik secara teori bernilai (147 mAh/g) yang dapat diaplikasikan sebagai baterai mobil listrik. Pada penelitian kali ini, sintesis material LNMO:Al serta pelapisan akan dilakukan dengan menggunakan metode pengendapan. Penambahan aluminium dan pelapisan permukaan dilakukan untuk mempertahankan kestabilan dari baterai. Material LNMO dikarakterisasi dengan menggunakan X-Ray Diffractometer (XRD), Scanning Electron Microscope (SEM ) serta Transmission Electron Microscope (TEM) untuk melihat morfologi sampel secara keseluruhan. Sementara itu, untuk menguji sifat elektrokimia serta aplikasinya pada baterai ion litium digunakan Electrochemichal Impedance Spectroscopy (EIS ) serta Gammry. Berdasarkan hasil XRD SEM, dan TEM sintesis material LNMO yang ditambahkan Al serta LNMO yang ditambahkan Al serta dilapisi Fe2O3 telah berhasil dilakukan serta memiliki ukuran partikel berkisar 400 nm. Kemudian dengan menggunakan EIS, nilai impedansi dari material bernilai adalah 10-300 ohm. Sementara untuk hasil pengisian dan pengosongan baterai didapatkan material LNMO:Al yang dilapisi 1wt% Fe2O3 meningkatkan efisiensi siklus sebesar 60%.