digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Rekrutmen dan Retensi karyawan adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan karena merekrut karyawan baru membutuhkan banyak biaya, terutama sekarang ketika pekerjaan mulai diisi oleh karyawan generasi Y. Karyawan Generasi Y memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan karyawan generasi sebelumnya karena mereka lebih cenderung suka mengambil risiko dan pindah pekerjaan. Oleh karena itu, untuk membuat karyawan memiliki engagement yang tinggi, diperlukan strategi employer branding yang sesuai.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor branding pemberi kerja dominan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaan XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Multilinear Regression untuk mengetahui faktor- faktor paling signifikan dari employer branding. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan perusahaan XYZ. Responden penelitian ini berjumlah 135 karyawan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor yang signifikan pada riset ini adalah interesting work, job security, dan appreciation and praise for work done. Faktor employer branding yang paling dominan adalah Interesting work. Rekomendasi untuk perusahaan XYZ adalah memberi karyawan mereka pekerjaan yang menantang dan menarik, serta memberikan peluang bagi karyawan mereka untuk memberikan ide kreatif.