2025 SK PP Abilia Hidayah [19022087] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abilia Hidayah [19022087] - References
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Dalam pasar kerja Indonesia yang kompetitif, perusahaan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) harus berinovasi untuk menarik talenta Generasi Z yang mendominasi angkatan kerja dan aktif di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor daya tarik perusahaan dan jenis konten Instagram yang memengaruhi niat Generasi Z untuk melamar kerja di perusahaan FMCG. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 mahasiswa tingkat akhir dan lulusan baru berusia 20– 25 tahun dari empat perguruan tinggi negeri. Data dianalisis menggunakan SPSS melalui regresi linear berganda. Model pertama menguji enam dimensi daya tarik perusahaan: interest, social, economic, development, application, dan work-life value. Model kedua menguji tiga jenis konten Instagram: entertaining, informative, dan interactive. Hasil menunjukkan bahwa interest value berpengaruh positif signifikan, sementara social value berpengaruh negatif signifikan terhadap niat melamar. Konten informative dan entertaining juga memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menyarankan bahwa perusahaan FMCG perlu merancang strategi employer branding yang memadukan inovasi dan profesionalisme, serta menyajikan konten yang informatif, relevan, dan menarik bagi Generasi Z. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperluas cakupan demografis, membandingkan berbagai platform media sosial, dan mengeksplorasi hasil perilaku nyata audiens.
Perpustakaan Digital ITB