Dengan sekitar 250 juta penduduk, Indonesia merupakan 40% pasar MEA
(Masyarakat Ekonomi ASEAN). Oleh sebab itu, pasar Indonesia menjadi sasaran
empuk bagi perusahaan-perusahaan regional/global. Seiring dengan persaingan
global, Indonesia telah berkomitmen untuk menerapkan Industri 4.0 guna
membangun industri manufaktur yang berdaya saing global. Komitmen ini ditandai
dengan peluncuran “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo. LEN
sebagai perusahaan BUMN menyadari perubahan signifikan dalam lanskap industri
terutama di era 4.0 ini, sehingga pola bisnis akan mulai berubah dan menuntut para
pelaku industri harus mulai merespon pasar dengan mengikuti tren perkembangan
teknologi, preferensi konsumen, regulasi dan pergeseran lingkungan bisnis.
Masalah yang dihadapi LEN adalah masih lemahnya kinerja sistem informasi. Data
tercerai berai sehingga sistem informasi berbasis web belum terintegrasi. Keberadaan
LEN saat ini ingin semua aspek tertuju dalam satu sistem informasi yang terintegrasi.
Dalam mengusulkan strategy yang tepat, LEN menggunakan analisis internal dan
eksternal yang kemudian menghasilkan SWOT dan formulasi strategy. Formulasi
strategy dalam penelitian ini adalah Strategi Marketing 4.0. Tujuan Melalui
pendekatan marketing 4.0, peneliti ingin mencari satu media interktif yang
terintegrasi yang dapat menghubungkan branding, komunikasi pemasaran, dan
penjualan produk untuk mempercepat proses bisnis LEN.
Hasil dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu alat yang bernama My Len
App, sebuah semangat baru bagi LEN dalam menghadapi industri 4.0. My Len App
bertujuan untuk menciptakan kesadaran merek, mengundang partisipasi konsumen
untuk terlibat dengan kegiatan bisnis LEN, dan berbagi pengalaman mereka kepada
orang lain di dalam aplikasi dan media social. Dalam mengembangkan aplikasi
mobile ini, peneliti mengadopsi enam atribut manusia untuk menciptakan platform
sentris bisnis-manusia untuk beradaptasi dengan perlaku pasar saat ini seperti yang
dijelaskan dalam konsep pemasaran 4.0.
Perpustakaan Digital ITB