digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan sekitar 250 juta penduduk, Indonesia merupakan 40% pasar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Oleh sebab itu, pasar Indonesia menjadi sasaran empuk bagi perusahaan-perusahaan regional/global. Seiring dengan persaingan global, Indonesia telah berkomitmen untuk menerapkan Industri 4.0 guna membangun industri manufaktur yang berdaya saing global. Komitmen ini ditandai dengan peluncuran “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo. LEN sebagai perusahaan BUMN menyadari perubahan signifikan dalam lanskap industri terutama di era 4.0 ini, sehingga pola bisnis akan mulai berubah dan menuntut para pelaku industri harus mulai merespon pasar dengan mengikuti tren perkembangan teknologi, preferensi konsumen, regulasi dan pergeseran lingkungan bisnis. Masalah yang dihadapi LEN adalah masih lemahnya kinerja sistem informasi. Data tercerai berai sehingga sistem informasi berbasis web belum terintegrasi. Keberadaan LEN saat ini ingin semua aspek tertuju dalam satu sistem informasi yang terintegrasi. Dalam mengusulkan strategy yang tepat, LEN menggunakan analisis internal dan eksternal yang kemudian menghasilkan SWOT dan formulasi strategy. Formulasi strategy dalam penelitian ini adalah Strategi Marketing 4.0. Tujuan Melalui pendekatan marketing 4.0, peneliti ingin mencari satu media interktif yang terintegrasi yang dapat menghubungkan branding, komunikasi pemasaran, dan penjualan produk untuk mempercepat proses bisnis LEN. Hasil dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu alat yang bernama My Len App, sebuah semangat baru bagi LEN dalam menghadapi industri 4.0. My Len App bertujuan untuk menciptakan kesadaran merek, mengundang partisipasi konsumen untuk terlibat dengan kegiatan bisnis LEN, dan berbagi pengalaman mereka kepada orang lain di dalam aplikasi dan media social. Dalam mengembangkan aplikasi mobile ini, peneliti mengadopsi enam atribut manusia untuk menciptakan platform sentris bisnis-manusia untuk beradaptasi dengan perlaku pasar saat ini seperti yang dijelaskan dalam konsep pemasaran 4.0.