2025 SK PP Final Project_Khansa Nabila_19222020
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Mode berkelanjutan semakin diakui sebagai gerakan budaya dan komersial, tetapi agar merek berhasil, mereka harus mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam setiap aspek strategi pemasaran mereka sambil mengomunikasikan nilai-nilai ini secara efektif kepada konsumen. Studi ini mengeksplorasi dampak bauran pemasaran hijau (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap citra merek Paduan Biru, sebuah merek mode berkelanjutan di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif dengan 180 responden yang diambil secara sengaja, data dianalisis melalui Regresi Linier Berganda (MLR) untuk menguji empat hipotesis. Hasil menunjukkan semua elemen secara signifikan memperkuat citra merek, meskipun dengan pengaruh yang bervariasi. Produk hijau memiliki dampak terbesar, karena konsumen menghargai material ramah lingkungan, produksi yang bertanggung jawab, dan daya tahan. Harga hijau meningkatkan citra ketika didukung oleh komunikasi yang transparan, memposisikan merek sebagai premium namun etis. Tempat hijau memperkuat keaslian melalui sumber dan distribusi yang berkelanjutan, sementara promosi hijau, meskipun signifikan, menekankan perlunya pesan yang konsisten dan persuasif. Secara keseluruhan, temuan ini menyoroti peran bauran pemasaran hijau yang terintegrasi dalam membentuk persepsi konsumen yang positif dan menawarkan panduan praktis bagi merek mode berkelanjutan lokal untuk berfokus pada integritas produk, harga yang transparan, distribusi yang autentik, dan komunikasi yang efektif.
Perpustakaan Digital ITB