Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi engagement rate yang rendah dalam email marketing pada PT Cahaya Alba. PT Cahaya Alba adalah perusahaan Kimia industry yang bergerak dalam bidang B2B. Sebagai perusahaan B2B, PT Cahaya Alba membutuhkan strategi khusus untuk promosi dan pengenalan perusahaannya kepada khalayak umum terkhusus pada bidang bisnis. Oleh karenanya, salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh PT Cahaya Alba yaitu email marketing. Namun sayangnya, email marketing yang pernah dilakukan sering kali mendapatkan hasil engagement rate yang rendah dan click-rate yang rendah juga. Sehingga dari permasalahan tersebut, studi ini dilakukan untuk meneliti dan menemukan solusi bagaimana cara mengtasi permasalahan pada PT Cahaya Alba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk data primer didaptkan dari hasil survey sebanyak 363 klien B2B yang berasal dari jabatan manajer hingga C-Level. Faktor Utama Utama yang mempengaruhi keterlibatan di identifikasi dalam survey yang diberikan seperi visualisasi konten, isi konten, frekuensi Waktu konten dan juga isi dari konten itu sendiri. Untuk mengetahui hasilnya, penelitian ini menggunakan GAP analisis untuk membandingkan antara apa yang diharapkan dan apa yang sebenrnya di inginkan di lapngan. Berdasarkan hasil dari GAP Analisis, PT Cahaya Alba membutuhkan penyesuaian terhadap segmentasi konten yang lebih di personalisasikan, optimasi desain, serta penjadwalan email yang disesuaikan berdasarkan negara klien. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat engagement rate pada PT Cahaya Ala sehingga mendorong kinerja penjualan dan hubungan dengan klien secar baik.
Perpustakaan Digital ITB