digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Privilattea adalah merek makanan instan yang memproduksi bubuk pudding sutera instan yang berbasis di Bandung, Indonesia. Didirikan pada tahun 2015 dan memusatkan aktivitas dalam proses produksi dan penjualan produk. Privilattea menghasilkan bubuk pudding sutera dengan berbagai rasa (teh hijau, teh thailand, taro, red velvet, coklat, vanilla blue, permen karet, kopi susu, dan varian buah). Privilattea hadir sebagai solusi untuk keluarga yang menginginkan makanan penutup spesial dengan harga terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan strategi terbaik bagi Privilata untuk menghadapi permasalahan terkini di bidang pemasaran. Penelitian ini menggunakan studi literatur dan alat manajemen analisis sebagai metodologi. Studi literatur dilakukan dengan menggunakan buku teks, penelitian terdahulu yang terkait, dan laporan pemerintah. Alat manajemen analitik yang digunakan adalah bauran Pemasaran dan analisis STP untuk mengidentifikasi kondisi internal Privilata. Analisis conjoint, porter five force, dan analisis pesaing digunakan untuk mengidentifikasi kondisi eksternal Privilattea. Kedua hasil analisis eksternal dan internal digunakan dalam analisis SWOT untuk menyatakan kondisi terkini di Privilattea. Analisis sebelumnya mengidentifikasi bahwa tingginya ancaman pesaing merupakan penyebab permasalahan yang terjadi di Privilattea. Dengan menggunakan hasil analisis STP dan conjoint, Privilattea mengusulkan posisi produk dan strategi pemasaran produk. Usulan strategi pemasaran menggunakan analisis judo. Analisis judo membantu Privilattea untuk melawan tingginya ancaman dari pesaing. Penelitian tentang Privilattea selanjutnya sebaiknya mengenai persediaan dan manajemen rantai pasokan yang terkait dengan tingginya ancaman dari pemasok.