Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk secara empiris mengeksplorasi faktor - faktor yang dirasakan terkait dengan absensi karyawan di Bank BJB. Penulis telah berusaha untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong ketidakhadiran sehingga solusi yang tepat dapat dikembangkan. Metode survei terbuka digunakan untuk mengumpulkan informasi. Stratified sampling diadopsi karena penelitian ini tertarik untuk mempelajari karyawan di Bank BJB di Bandung yang telah melakukan absensi.
Studi ini mengandalkan sampel sampel 99 karyawan Bank BJB di Bandung dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terbuka. Karena kuesioner terbuka, data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan alasan yang dirasakan oleh karyawan sebagai kontribusi terhadap ketidakhadiran termasuk pelepasan, penyakit, anak-anak dan orang tua, kelelahan, stres dan moral, dan luka-luka. Penulis memilih beberapa alasan yang ditemukan paling kritis. Oleh karena itu, rekomendasi tersebut mengadopsi tiga pendekatan untuk mengelola kehadiran yaitu: kebijakan manajemen, penghargaan kehadiran, dan kembali ke wawancara kerja. Rencana implementasi mengenai solusi yang disarankan ini dikembangkan untuk mengurangi ketidakhadiran karyawan.
Perpustakaan Digital ITB