Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia didominasi oleh pengendara sepeda motor
yaitu sebesar 76,30%. Faktor manusia pada pengendara sepeda motor masih
menjadi penyebab utama tingginya angka kecelakaan. Penelitian terdahulu
menyatakan bahwa perilaku berisiko pengendara sepeda motor memiliki
keterkaitan dengan kecelakaan, near crash dan penilangan. Namun penelitian
sebelumnya hanya berfokus kepada pengendara sepeda motor secara umum di
Indonesia. Mengingat pentingnya ojek online dalam kehidupan zaman sekarang,
serta tantangan-tantangan yang dialami oleh pengemudi ojek online sepeda motor,
diperlukan penelitian lanjut mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi perilaku berisiko pengendara sepeda motor ojek online di
Indonesia yang memiliki keterkaitan terhadap insiden lalu lintas. Tujuan ini akan
dicapai menggunakan kuesioner yang dikembangkan berdasarkan Motorcycle
Rider Behavior Questionnaire (MRBQ) dan variabel karakteristik pengendara.
Penelitian ini menggunakan 102 data pengendara sepeda motor di Indonesia yang
dikumpulkan melalui pembagian survei kuesioner secara langsung dan secara
online. Data perilaku berisiko tersebut diolah menggunakan metode uji regresi
logistik biner. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan gambaran umum
pengendara sepeda motor ojek online di Indonesia, serta perilaku berisiko
pengendara sepeda motor yang memiliki keterkaitan terhadap insiden lalu lintas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa perilaku berisiko safety violations dan stunts
memiliki keterkaitan dengan insiden kecelakaan. Sementara itu, traffic errors
secara parsial memiliki keterkaitan insiden terhadap near crash. Terakhir, tidak ada
variabel perilaku berisiko yang terkait dengan penilangan secara simultan maupun
parsial. Implikasi hasil penelitian ini adalah usulan rekomendasi untuk mengurangi
atau mencegah perilaku berisiko yang meningkatkan terjadinya insiden lalu lintas
dengan engineering, enforcement, dan edukasi. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan terdapat perbedaan perilaku berisiko pengendara sepeda motor ojek
online yang memiliki keterkaitan terhadap insiden lalu lintas.
Perpustakaan Digital ITB