Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
banyak brand untuk memanfaatkan digital signage sebagai salah satu media iklan.
Dengan bantuan marketplace iklan digital, agency media buyer dapat menawarkan
berbagai digital signage yang tersedia kepada brand dengan lebih mudah. Namun
demikian, agency dan pengelola display sering dihadapkan pada proses distribusi
konten dan pelaporan tayang yang belum terintegrasi dengan marketplace, sehingga
membutuhkan banyak proses manual dan waktu yang tidak efisien. Selain itu,
perbedaan teknologi pada Content Management System (CMS) yang digunakan,
mulai dari yang seamless hingga semi-manual, semakin memperumit proses
distribusi dan verifikasi tayangan iklan. Permasalahan inilah yang mendorong
perlunya pengembangan sistem pendukung untuk membantu mengelola iklan
digital dan laporan tayang secara terpusat dan terintegrasi dalam marketplace.
Pada pengerjaan Tugas Akhir ini, dikembangkan prototipe sistem pendukung yang
diberi nama sistem playlist berbasis web yang terhubung ke sistem marketplace
iklan digital. Sistem playlist ini dikembangkan berdasarkan konsep omnichannel,
dimana playlist ini menjadi hub yang terhubung dengan berbagai CMS digital
signage. Fitur utama sistem playlist mencakup upload konten, distribusi konten ke
CMS, upload laporan tayang oleh pengelola display, dan pengunduhan laporan oleh
agency. Pengembangan dilakukan menggunakan pendekatan Software
Development Life Cycle (SDLC). Sistem ini dibangun dengan arsitektur berbasis
cloud dan pendekatan microservices, serta diintegrasikan dengan Google Cloud
Storage untuk manajemen file konten dan laporan.
Hasil pengujian secara internal dan kepada mitra, menunjukkan bahwa seluruh alur
bisnis utama dapat dijalankan dengan baik, baik melalui CMS seamless yang
terintegrasi langsung maupun CMS semi-manual yang mengandalkan notifikasi
email. Evaluasi berdasarkan test case dan skenario end-to-end menunjukkan bahwa
sistem ini berhasil menyelesaikan permasalahan integrasi pengelolaan konten dan
pelaporan tayang pada berbagai jenis CMS digital signage, serta dapat menjadi
solusi awal yang fleksibel untuk pengembangan lebih lanjut di ekosistem iklan
digital display.
Perpustakaan Digital ITB