digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT. X merupakan platform e-commerce dengan konsep farm-to-table pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk segar, termasuk sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya, yang diambil langsung dari petani lokal. Selain penjualan produk segar, PT. X menawarkan layanan pengantaran dan kemudahan dalam berbelanja melalui aplikasi. Dengan fokus pada keberlanjutan dan dukungan terhadap petani lokal, PT. X berusaha untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen dan masyarakat. Berdasarkan data perusahaan, data laba kotor PT. X dari tahun 2021 hingga 2022 menunjukkan tren yang positif. Peningkatan ini dapat diatribusikan kepada kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk tetap di rumah selama pandemi, sehingga PT. X dapat memanfaatkan model bisnisnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat akan belanja online. Hal ini menunjukkan bahwa PT. X berhasil beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih berbelanja dari rumah. Namun, setelah pandemi, terjadi penurunan dalam pembelian online sehingga laba kotor PT. X 2022 hingga 2024. Hal ini diakibatkan banyak faktor lingkungan yang berubah. Perubahan faktor lingkungan ini dapat menjadi peluang dan tantangan bagi PT. X, yang harus beradaptasi perubahan tersebut. Dalam penelitian ini, diusulkan strategi yang dapat memperbaiki strategi korporasi PT. X dan Kanvas Model Bisnis yang sesuai dengan strategi tersebut. Proses perumusan diawali dengan pemetaan model bisnis eksisting dengan Kanvas Model Bisnis. Kemudian formulasi strategi korporasi secara komprehensif dilakukan dengan tahapan memetakan posisi perusahaan dengan Matriks IFE dan EFE selanjutnya dilakukan peyesuaian dan pengembangan alternatif strategi dengan Matriks TOWS dan SPACE. Daftar alternatif strategi yang dihasilkan selanjutnya dikembangkan menjadi Kanvas Model Bisnis dan dinilai prioritasnya menggunakan Matriks QSPM. Alternatif strategi terpilih dan Kanvas Model Bisnis usulan yaitu pengembangan one stop solution app dengan pengiriman instan menjadi solusi yang ditawarkan untuk PT. X dalam penelitian ini.