CHOCOLANA adalah minuman cokelat yang diproduksi sendiri tanpa melalui proses pengolahan mesin. Minuman kemasan kami dibuat oleh kakao lokal dari petani Indonesia dengan tambahan buah yang menciptakan cita rasa unik. CHOCOLANA ingin menjadi brand artisan cokelat dengan membuat minuman cokelat bergizi dan lezat, serta mendidik dan menginspirasi orang untuk benar-benar mencicipi cokelat dari Indonesia. Akan tetapi, ada beberapa kendala yang dihadapi CHOCOLANA seperti rendahnya brand awareness dan persaingan antar produk pengganti. Oleh karena itu, penelitian ini akan membantu CHOCOLANA untuk mengatasi masalah bisnis.
Tugas akhir ini menggunakan berbagai alat analisis yang berkenaan dengan meneliti lingkungan eksternal dan internal. Lingkungan eksternal dianalisis dengan analisis PEST, Five Forces Porter, dan analisis pesaing. Lingkungan internal melibatkan Business Model Canvas. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara pemilik perusahaan dan review beberapa dokumen internal perusahaan. Dengan menggunakan analisis SWOT, posisi CHOCOLANA saat ini dapat didefinisikan dengan menghitung IFAS, EFAS, dan SFAS. Hasil SFAS yang dihitung dari AHP akan menjadi dasar perumusan strategi baik strategi tingkat korporasi maupun strategi tingkat bisnis.
Berdasarkan temuan pada penelitian ini, diketahui bahwa ada tiga isu yang dialami CHOCOLANA saat ini. Mereka adalah kurangnya saluran distribusi, pengembangan produk yang lambat, dan kesadaran merek yang rendah. Berdasarkan SWOT Matrix, strategi yang tepat untuk CHOCOLANA adalah strategi pertumbuhan yang berkonsentrasi pada pengembangan pasar dan produk saat ini.
Strategi tingkat bisnis CHOCOLANA mencakup strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi difokuskan untuk mengembangkan fitur resep dan kemasan. Implementasi strategi perusahaan memusatkan perhatian pada bagaimana perusahaan dapat menjadi minuman cokelat artisan yang peduli dengan bahan baku dan memperhatikan dampak produksi terhadap manusia dan lingkungan. Bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, CHOCOLANA berencana untuk memberdayakan petani kakao di Jember. CHOCOLANA juga memberikan nilai tentang minuman cokelat artisan dengan menciptakan program Chocolate Story.
Perpustakaan Digital ITB