Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit metabolik, yang melibatkan peningkatan kadar glukosa
darah. Salah satu tempat dilakukannya pelayanan kefarmasian adalah rumah sakit. Pelayanan
informasi obat (PIO) salah satu pelayanan kefarmasian yaitu suatu hal yang penting diberikan agar
meningkatkan pengetahuan dan keinginan pasien dalam terapi diabetes melitus tipe 2 sehingga
dapat meningkatkan kepatuhan dalam konsumsi suatu obat dan mencapai output terapi yang
optimal. Evaluasi terhadap layanan kesehatan penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan
kefarmasiaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien
terhadap pemberian informasi obat pasien Diabetes Melitus Tipe 2, mengetahui dimensi mutu
pelayanan yang perlu untuk ditingkatkan, Mengevaluasi informasi apa saja yang dibutuhkan oleh
pasien Diabetes Melitus Tipe 2 agar dapat meningkatkan efektivitas penggunaan obatnya, dan
memberikan Booklet sebagai media yang dapat meningkatkan efektivitas pengobatan. Penelitian
dilakukan secara analisis deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Sampel
penelitian ini adalah pasien Diabetes melitus yang memenuhi kriteria inklusi, responden yang
direkrut menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dari kuisioner tervalidasi dengan
desain pertanyaan menggunakan skala likert, untuk mengukur tingkat kepuasan menggunakan
metode SERVQUAL dengan analisis gap, yaitu menentukan skor persepsi dibagi skor harapan
responden terhadap masing-masing pertanyaan atau dimensi.dan Indeks kepuasan masyarakat
(IKM). Diperoleh 55 pasien Diabetes melitus tipe 2 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil
penelitian menunjukan secara keseluruhan tingkat kepuasan layanan informasi obat di rumah sakit
rupit memiliki rata-rata 70,5 ± 11,5% dengan CV sebesar 16,3% yang menunjukkan terdapat
perbedaan antar responden yang besar dan berdasarkan IKM 2 dimensi fasilitas dan kehandalan
dengan nilai mutu pelayanan kurang baik dan 3 dimensi ketanggapan, keyakinan, dan empati
dengan nilai mutu pelayanan adalah sangat baik. Rata-rata nilai mutu pelayanan IKM Rumah Sakit
Rupit secara keseluruhan adalah Baik. Berdasarkan tabel output Paired T Test diketahui nilai sig.
(2-tailed) adalah sebesar <0,005 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata kadar gula
darah (BSS) sebelum pemberian booklet dan sesudah pemberian booklet.
Perpustakaan Digital ITB