digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

COVER Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

BAB 1 Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

BAB 2 Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

BAB 3 Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

BAB 4 Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

BAB 5 Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

PUSTAKA Hairun Niza
PUBLIC Open In Flipbook yana mulyana

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit metabolik, yang melibatkan peningkatan kadar glukosa darah. Salah satu tempat dilakukannya pelayanan kefarmasian adalah rumah sakit. Pelayanan informasi obat (PIO) salah satu pelayanan kefarmasian yaitu suatu hal yang penting diberikan agar meningkatkan pengetahuan dan keinginan pasien dalam terapi diabetes melitus tipe 2 sehingga dapat meningkatkan kepatuhan dalam konsumsi suatu obat dan mencapai output terapi yang optimal. Evaluasi terhadap layanan kesehatan penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kefarmasiaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pemberian informasi obat pasien Diabetes Melitus Tipe 2, mengetahui dimensi mutu pelayanan yang perlu untuk ditingkatkan, Mengevaluasi informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pasien Diabetes Melitus Tipe 2 agar dapat meningkatkan efektivitas penggunaan obatnya, dan memberikan Booklet sebagai media yang dapat meningkatkan efektivitas pengobatan. Penelitian dilakukan secara analisis deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien Diabetes melitus yang memenuhi kriteria inklusi, responden yang direkrut menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dari kuisioner tervalidasi dengan desain pertanyaan menggunakan skala likert, untuk mengukur tingkat kepuasan menggunakan metode SERVQUAL dengan analisis gap, yaitu menentukan skor persepsi dibagi skor harapan responden terhadap masing-masing pertanyaan atau dimensi.dan Indeks kepuasan masyarakat (IKM). Diperoleh 55 pasien Diabetes melitus tipe 2 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan tingkat kepuasan layanan informasi obat di rumah sakit rupit memiliki rata-rata 70,5 ± 11,5% dengan CV sebesar 16,3% yang menunjukkan terdapat perbedaan antar responden yang besar dan berdasarkan IKM 2 dimensi fasilitas dan kehandalan dengan nilai mutu pelayanan kurang baik dan 3 dimensi ketanggapan, keyakinan, dan empati dengan nilai mutu pelayanan adalah sangat baik. Rata-rata nilai mutu pelayanan IKM Rumah Sakit Rupit secara keseluruhan adalah Baik. Berdasarkan tabel output Paired T Test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar <0,005 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata kadar gula darah (BSS) sebelum pemberian booklet dan sesudah pemberian booklet.