digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Era perkembangan perbankan Indonesia semakin cepat, dan industri perbankan mulai bertransformasi. Akibatnya, masyarakat semakin menuntut munculnya produk-produk kredit berbasis teknologi dengan jangka waktu yang fleksibel dan jaminan bunga yang rendah. Hal ini membutuhkan sumber daya manusia untuk membantu karyawan berkembang dan mencapai tujuan perusahaan. Namun, khususnya pegawai kelas delapan sampai dua belas merasa bahwa promosi Bank Tabungan Negara (BTN) KCP Bandung tidak cukup transparan, sehingga perlu dilakukan analisis desain penilaian kinerja untuk memahami seperti apa format penilaian saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penilaian kinerja saat ini dan mengusulkan untuk meningkatkan penilaian kinerja pada Bank Tabungan Negara (BTN) KCP Bandung dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Informan adalah pegawai Bank Tabungan Negara KCP Bandung dari kelas delapan sampai kelas dua belas. Hasil dari penelitian ini adalah merancang penilaian kinerja menjadi lebih spesifik dan terukur sehingga karyawan dapat melihat kemajuan pencapaian target dan indikator yang jelas. Selain itu untuk melaksanakan perubahan agar berhasil menerapkan perubahan tersebut dalam organisasi agar pegawai dapat lebih mampu dan berdaya saing dengan menggunakan metode ADKAR.