Era perkembangan perbankan Indonesia semakin cepat, dan industri perbankan mulai
bertransformasi. Akibatnya, masyarakat semakin menuntut munculnya produk-produk
kredit berbasis teknologi dengan jangka waktu yang fleksibel dan jaminan bunga yang
rendah. Hal ini membutuhkan sumber daya manusia untuk membantu karyawan
berkembang dan mencapai tujuan perusahaan. Namun, khususnya pegawai kelas delapan
sampai dua belas merasa bahwa promosi Bank Tabungan Negara (BTN) KCP Bandung
tidak cukup transparan, sehingga perlu dilakukan analisis desain penilaian kinerja untuk
memahami seperti apa format penilaian saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penilaian kinerja saat ini dan mengusulkan
untuk meningkatkan penilaian kinerja pada Bank Tabungan Negara (BTN) KCP Bandung
dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Informan adalah pegawai
Bank Tabungan Negara KCP Bandung dari kelas delapan sampai kelas dua belas.
Hasil dari penelitian ini adalah merancang penilaian kinerja menjadi lebih spesifik dan
terukur sehingga karyawan dapat melihat kemajuan pencapaian target dan indikator yang
jelas. Selain itu untuk melaksanakan perubahan agar berhasil menerapkan perubahan
tersebut dalam organisasi agar pegawai dapat lebih mampu dan berdaya saing dengan
menggunakan metode ADKAR.
Perpustakaan Digital ITB