digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA P. Pradnyaparamita Ayu W.
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Di Indonesia, meskipun kesadaran akan Non-Fungible Token (NFT) dan manfaatnya telah meningkat, literasi dan adopsi kripto masih dalam tahap awal, menyebabkan banyak orang memandang teknologi ini dengan skeptis di industri Web3, terutama di ranah NFT. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Innovation Value Chain (IVC) dalam strategi PT. Gaspad untuk menembus pasar massal melalui kolaborasi dengan Ultra Milk pada proyek Icownic Patch. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif, memanfaatkan wawancara semiterstruktur dengan pemangku kepentingan utama dari PT. Gaspad dan Ultra Milk, serta analisis data sekunder dari dokumen resmi dan publikasi media. Penelitian ini meneliti tiga tahap proses IVC - Idea Generation, Idea Conversion, dan Idea Diffusion - dalam konteks upaya PT. Gaspad untuk memperkenalkan NFT kepada target audiens di Indonesia. Penelitian ini menyelidiki tantangan, peluang, dan proses pengambilan keputusan yang terlibat dalam pengembangan dan peluncuran NFT Icownic Patch. Temuan utama mengungkapkan pertimbangan strategis di balik pilihan PT. Gaspad menggunakan NFT untuk membentuk Ultra Milk melakukan penetrasi pasar massal, bagaimana kerangka kerja IVC memerlukan adaptasi untuk perusahaan jasa dan kolaborasi lintas industri, efektivitas strategi komunikasi yang disesuaikan dalam memperkenalkan konsep Web3 melalui dinamika kolaboratif antara paemangku kepentingan utama, dan pendekatan inovatif yang digunakan untuk mengatasi hambatan dalam memperkenalkan teknologi Web3 kepada target audiens. Studi ini juga menyoroti critical success factors dan key performance indicators yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas proyek. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman mengenai bagaimana teknologi baru seperti NFT dapat diintegrasikan ke dalam model bisnis dan strategi marketing saat ini, memberikan wawasan tentang penerapan praktis kerangka kerja IVC dalam konteks inovasi digital dan memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan teknologi Web3 di pasar yang berkembang.