digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelestarian perhiasan tradisional Indonesia merupakan upaya penting untuk memperkuat pertahanan budaya Indonesia di tengah arus invasi budaya asing di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video gim berbasis NFT menggunakan pendekatan efek kepemilikan untuk generasi milenial. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan nilai baru pada perhiasan tradisional Indonesia di dunia virtual melalui NFT, serta merancang interaksi dan model ekonomi dalam gim yang dapat meningkatkan rasa memiliki pemain. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh gim terhadap motivasi generasi milenial dalam mengenal dan menghargai perhiasan tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah perancangan desain gim dengan Playcentric Approach. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi mitos ke dalam NFT berhasil menambah nilai budaya dan emosional yang signifikan dalam gim. Desain interaksi yang mencakup mode Pemburu dan Penjaga Artefak, bersama dengan model ekonomi NFT, telah meningkatkan rasa kepemilikan pemain secara signifikan. Penerapan dimensi Affordance Ownership dan Model AISAS telah terbukti efektif dalam memperkuat rasa memiliki pemain. Kesimpulannya, desain gim ini tidak hanya memperkuat identitas budaya tetapi juga berpotensi menjadi cultural education yang menarik bagi generasi milenial, yang relevan dalam konteks modern dan teknologi.