digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peningkatan pengeluaran biaya asuransi kendaraan di Amerika Serikat menimbulkan tantangan finansial yang cukup berat bagi perusahaan asuransi. Oleh karena itu, diperlukan strategi dalam mengelola risiko kegagalan kendaraan dengan menganalisis usia saat klaim mobil Ford sebagai representasi waktu kegagalan. Usia saat klaim dihitung berdasarkan selisih tahun saat klaim dengan tahun registrasi, lalu dilakukan fitting distribution menggunakan metode hazard empiris dengan distribusi Weibull yang fleksibel dalam menggambarkan pola kegagalan. Estimasi parameter terbaik diperoleh melalui metode Least Squares dan digunakan untuk memprediksi peluang keandalan dan risiko kegagalan mobil Ford dengan fungsi reliabilitas dan hazard. Hasil menunjukkan bahwa semakin tua usia kendaraan, maka semakin tinggi risiko kegagalannya. Usia saat klaim kemudian diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu muda, sedang, dan tua. Untuk melihat hubungan variabel usia saat klaim mobil Ford terhadap karakteristik kendaraan, maka digunakan analisis korespondensi dengan visualisasi peta asimetris kolom satu dan dua dimensi. Karakteristik kendaraan yang telah direkategorisasi tersebut, mencakup genmodel, jenis kerusakan, dan jarak tempuh mobil. Temuan ini menunjukkan bahwa keterhubungan signifikan ditunjukkan oleh peta usia saat klaim dengan genmodel. Pendekatan ini memberikan wawasan bagi pihak asuransi dan teknisi untuk memahami pola risiko kegagalan, serta menekankan pentingnya kesesuaian karakteristik data dalam menghasilkan interpretasi yang tepat.