ABSTRAK - Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Elang Buana A.H.P
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kelelahan kontak gelinding atau rolling contact fatigue (RCF) merupakan salah satu mekanisme kegagalan yang sering terjadi pada komponen yang mengalami kontak gelinding, seperti bantalan (bearing), roda kereta api, dan gigi roda. Fenomena ini disebabkan oleh tegangan berulang yang terjadi pada area kontak antara dua permukaan. Hal ini dapat memicu pembentukan retakan mikro dan kerusakaan permukaan, seperti pitting dan spalling. Kelelahan kontak gelinding salah satunya sering terjadi pada gerbong yang menampung beban dengan kapasitas beban yang besar dan berulang, seperti gerbong KKBW.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui titik terjadinya kelelahan kontak gelinding berdasarkan variasi beban dan kecepatan operasional pada roda gerbong KKBW. Untuk mengetahui adanya pengaruh dari parameter operasional terhadap kelelahan kontak gelinding yang terjadi dilakukan simulasi dinamik benda jamak dengan beberapa kondisi beban dan kecepatan operasional pada roda gerbong KKBW.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa laju kelelahan kontak gelinding mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya beban dan kecepatan operasional. Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai hubungan antara parameter operasional dan kelelahan kontak gelinding.
Perpustakaan Digital ITB