digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor perbankan di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Populasi yang belum terbankkan yang besar, penetrasi internet dan ponsel yang cepat, serta kemajuan teknologi terkini telah mendorong tren cepat menuju layanan perbankan digital. Menjadi organisasi yang berbasis pengambilan keputusan berbasis data sangat penting untuk memenangkan persaingan di era digital. Namun, untuk mencapai hal ini, ada banyak kekurangan dalam mengelola data, informasi, dan pengetahuan dalam organisasi perbankan. Penelitian ini fokus pada investigasi melalui studi kasus yang mendalam di beberapa bank di Indonesia yang telah memulai transformasi digital mereka, untuk mengungkap fenomena berikut: (1) apa saja elemen kunci kompetensi digital dalam perbankan dari perspektif orang, proses, dan teknologi, (2) apa saja isu dan tantangan utama dalam mengintegrasikan manajemen pengetahuan (knowledge management - KM) ke dalam strategi perbankan digital, (3) bagaimana program pengembangan kepemimpinan berkontribusi pada implementasi efektif kompetensi digital dan strategi KM dalam sektor perbankan, dan (4) apa strategi dan rekomendasi terbaik bagi bank untuk mengimplementasikan kompetensi digital dan KM secara efektif. Penelitian ini mengadopsi filosofi interpretivisme, menggunakan pendekatan kualitatif multi-methods. Selain itu, mengingat konsep yang relatif baru dan hubungan antara konstruk serta isu yang tidak terstruktur yang akan diamati, metode penelitian kualitatif akan digunakan untuk mendapatkan ide, pemikiran, dan perasaan responden yang pada akhirnya akan berguna untuk memahami fenomena di atas. Sementara itu, Analytic Hierarchy Process (AHP) diterapkan secara kuantitatif untuk memvalidasi dan memprioritaskan faktor-faktor kunci, menjadikannya ideal untuk mengevaluasi kompetensi digital, interaksi pembelajaran, dan strategi Manajemen Pengetahuan 4.0 dalam inovasi perbankan digital. Sebuah model yang menggambarkan hubungan antara kompetensi digital, model interaksi pembelajaran, strategi KM, dan inovasi perbankan digital akan dibangun sebagai hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi yang berguna bagi praktisi perbankan serta untuk penelitian selanjutnya.