digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu merek mie instan ternama di Indonesia, Indomie, memiliki ide-ide baru dan memodifikasi strategi pemasarannya agar sesuai dengan selera konsumen. Melalui kemitraan dengan grup K-pop yang terkenal secara internasional, New Jeans, Indomie mengimplementasikan brand ambassador dan strategi pemasaran berbasis komunitas untuk meningkatkan posisi pasar dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap varian produk barunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran New Jeans sebagai brand ambassador dan strategi pemasaran berbasis komunitas berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen. “Bagaimana New Jeans sebagai brand ambassador dan strategi pemasaran berbasis komunitas mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap varian baru Indomie?” adalah pertanyaan yang diajukan oleh peneliti untuk menganalisa penelitian ini. Seratus anggota komunitas fandom K-pop di Indonesia diberikan kuesioner sebagai bagian dari metodologi kuantitatif penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berbasis komunitas memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen dibandingkan variabel brand ambassador yang memiliki dampak positif namun moderat. Secara keseluruhan, variabel-variabel tersebut mewakili sebagian besar keragaman keputusan pembelian konsumen terhadap varian baru Indomie, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar penelitian ini. Meskipun strategi pemasaran berbasis komunitas semakin efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, brand ambassador seperti New Jeans masih sangat penting untuk menarik dan berinteraksi dengan populasi target.