Industri fesyen modest di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan signifikan,
terutama pada komoditas produk hijab sebagai penutup kepala wanita muslim dan
bagian ekspresi identitas fesyen. Buttonscarves adalah merek hijab ternama di
Indonesia memiliki citra kuat karena memiliki produk premium, desain yang
elegan, citra merek yang baik, serta pemanfaatan warna yang khas. Warna pada
hijab berperan sebagai elemen estetika, juga stimulus komunikasi non-verbal.
Warna hijab Buttonscarves yang membedakan dirinya dengan competitor. Sebagai
dasar penelitian untuk mengidentifikasi warna dan tren hijab motif Buttonscarves
dari tahun 2020 hingga tahun 2024 serta untuk memahami persepsi tren warna pada
konsumen BSLady. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mix
Methods Sequentials Research yang dianalisis berdasarkan teori Color Image Scale
dari Shigenobu Kobayashi dan analisis tren menggunakan AI deblank. Temuan
warna divalidasi melalui wawancara dengan BSLady. Hasil penelitian menunjukan
bahwa Buttonscarves memiliki pola tren yang konsisten yaitu penggunaan warna
warna netral dan earth-tone, terang, dan berani. Warna yang digunakan oleh
Buttonscarves termasuk kategori subdued tones sehingga terlihat elegan, ringan,
lembut dan simpel.