digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri fesyen modest di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan signifikan, terutama pada komoditas produk hijab sebagai penutup kepala wanita muslim dan bagian ekspresi identitas fesyen. Buttonscarves adalah merek hijab ternama di Indonesia memiliki citra kuat karena memiliki produk premium, desain yang elegan, citra merek yang baik, serta pemanfaatan warna yang khas. Warna pada hijab berperan sebagai elemen estetika, juga stimulus komunikasi non-verbal. Warna hijab Buttonscarves yang membedakan dirinya dengan competitor. Sebagai dasar penelitian untuk mengidentifikasi warna dan tren hijab motif Buttonscarves dari tahun 2020 hingga tahun 2024 serta untuk memahami persepsi tren warna pada konsumen BSLady. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mix Methods Sequentials Research yang dianalisis berdasarkan teori Color Image Scale dari Shigenobu Kobayashi dan analisis tren menggunakan AI deblank. Temuan warna divalidasi melalui wawancara dengan BSLady. Hasil penelitian menunjukan bahwa Buttonscarves memiliki pola tren yang konsisten yaitu penggunaan warna warna netral dan earth-tone, terang, dan berani. Warna yang digunakan oleh Buttonscarves termasuk kategori subdued tones sehingga terlihat elegan, ringan, lembut dan simpel.