digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen di Restoran dan Kafe Walking Drums Ancol di Jakarta, Indonesia. Dalam lanskap restoran Jakarta yang kompetitif, memahami preferensi konsumen dan mendorong loyalitas sangat penting untuk keberhasilan yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan survei kuesioner dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Smart PLS untuk menganalisis hubungan antara dimensi kualitas layanan 7P Marketing Mix terhadap kepuasan konsumen, dan loyalitas. Hasil menunjukkan bahwa ketiga dimensi kualitas layanan secara signifikan dan positif mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil ini, rekomendasi diberikan untuk Walking Drums Ancol, termasuk meningkatkan kehadiran online melalui aplikasi seluler, menerapkan program loyalitas yang kuat, memanfaatkan kemitraan strategis, dan mengatasi daya saing harga sambil mempertahankan standar kualitas. Strategi-strategi ini bertujuan untuk memperkuat keunggulan kompetitif restoran dan memupuk hubungan jangka panjang dengan pelanggan.