digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK_Kanugrahaning Atiluhur Hatmoko
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan

Pasar rakyat, yang merupakan elemen ekonomi penting di Indonesia, tidak hanya menjadi tempat untuk bertransaksi jual-beli, tetapi juga merupakan ruang publik yang mendukung berbagai profesi dan menciptakan nilai ekonomi bagi berbagai lapisan masyarakat. Terdapat sekitar 15.657 pasar rakyat di seluruh Indonesia, yang berperan sebagai pilar ekonomi kerakyatan dengan peluang usaha yang tidak memerlukan modal besar dan memberikan peluang yang setara bagi pedagang kecil dan menengah. Selain sebagai tempat berdagang, pasar rakyat juga mendukung berbagai profesi terkait, seperti buruh angkut, tukang ojek, tukang potong, dan pedagang kaki lima. Jumlah ini mencerminkan pentingnya pasar rakyat dalam ekonomi Indonesia dan stabilitas kehidupan penduduk. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan daya saing pasar rakyat sangat krusial dalam menghadapi perubahan ekonomi yang terus berlangsung. Selain nilai ekonomi, respons arsitektural terhadap revitalisasi pasar rakyat juga memiliki peran penting. Desain pasar rakyat harus mempertimbangkan nilai budaya, memenuhi standar nasional, dan menciptakan ruang yang mendukung kegiatan jual-beli serta pengembangan komunitas. Desain harus mencerminkan keselarasan antara pedagang dan pembeli serta keterikatan di antara keduanya. Proyek revitalisasi Pasar Rakyat Kotagede bertujuan menghidupkan kembali pasar rakyat sebagai rumah ekonomi yang progresif dan berbudaya. Fokus proyek ini adalah pada pengembangan desain pasar rakyat yang menjunjung tinggi kualitas progresif, keterjaminan, dan keberpihakan terhadap budaya lokal. Pasar Legi Kotagede di Yogyakarta menjadi subjek utama proyek ini. Lingkup proyek mencakup pengembangan ruang untuk kegiatan jual-beli yang mematuhi standar SNI, serta perhatian khusus terhadap ruang pelatihan pedagang, ruang interaksi sosial, dan ruang acara/pameran. Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta menjadi pihak yang menginisiasi proyek ini dengan tujuan utama meningkatkan peran pasar rakyat dalam mendukung ekonomi kerakyatan dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang pasar rakyat, nilai-nilai pentingnya, tantangan yang dihadapinya, serta langkah-langkah arsitektural yang dapat diambil untuk memajukan pasar rakyat dalam konteks revitalisasi. Pasar rakyat tetap menjadi elemen penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan memiliki potensi besar untuk mendukung ekonomi kerakyatan serta mempertahankan nilai budaya yang berharga. Revitalisasi pasar rakyat adalah langkah penting dalam menjaga relevansi dan keberlanjutan pasar ini di masa depan.