digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendidikan di Indonesia terkhusus keahlian dalam matematika masih jauh tertinggal, dengan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), menunjukkan hanya 18% dari 14.000 siswa yang mencapai kemahiran matematika minimal tingkat 2. Pentingnya memantapkan prinsip dasar belajar anak sehingga bisa berpartisipasi dalam pendidikan masa depan, dengan menerapkan metode yang inovatif dan menarik yaitu komik edukasi matematika. Lab Buddy berencana untuk meluncurkan komik edukasi matematika pada bulan Januari 2025, maka dari itu penting untuk menyiapkan strategi untuk peluncuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat beli orang tua terhadap komik edukasi matematika dengan menggunakan teori yang didasarkan data. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara semi terstruktur kepada 10 orang tua yang memiliki anak kelas 1 sampai 3 Sekolah Dasar dengan metode purposive sampling. Hasil menunjukkan, karakteristik dalam mengajar yang dilihat dari frekuensi, durasi, dan atribut dari orang tua. Selain itu, faktor yang mempengaruhi niat beli orang tua adalah Kesan Positif Komik Edukasi, Eksplorasi Metode Pembelajaran Alternatif, Kesadaran akan Pentingnya Pendidikan, Pengaruh Pendapat Lain, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian, Proses Seleksi Pembelian Komik Edukasi, Kualitas Produk, Aksesibilitas, Kemudahan Bahasa dan Ringkas, Bantuan Tambahan, Preferensi Harga, dan Investasi Jangka Panjang. Hasil penelitian ini bisa digunakan untuk landasan menentukan strategi dan implementasi bisnis yang dapat diterapkan kedepannya.