digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Yaqufa Nurul Izza [17420064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Pada tahun 2022 mayoritas populasi berusia produktif akan didominasi oleh generasi Z. Meskipun dikenal sebagai generasi yang akrab dengan teknologi serta efisien dalam bekerja, generasi z memiliki tingkat kecemasan dan masalah kesehatan mental yang tinggi. Kesehatan mental yang tidak dijaga dapat berdampak pada kesehatan fisik dan juga hubungan sosial. Penanggulangan stres menjadi salah satu kunci mencegah stres berlebih, tetapi tidak semua kegiatan koping berdampak positif. Kegiatan olahraga senam merupakan salah satu aktivitas yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental serta fisik. Video game berbasis motion sensor adalah media baru yang dapat memberikan pengalaman olahraga sambil bermain yang menyenangkan bagi generasi z. Dengan menggunakan teori MDA Framework, penulis merancang sebuah video game senam berbasis motion sensor untuk mengajak dewasa muda rajin berolahraga.