digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhamad Fadlan Rasyid
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Karmellow merupakan salah satu snack popcorn produksi PT Suara Matahari Trading (SUMATRA Group). Karmellow memiliki tiga rasa popcorn dalam ukuran 20 gram dengan harga terjangkau. Berdasarkan penelitian, adanya permintaan makanan ringan bagi konsumen di Indonesia khususnya popcorn disebabkan oleh meningkatnya penjualan makanan ringan di Indonesia dan semakin besarnya ukuran pasar global popcorn. Namun trendline penjualan popcorn Karmellow menurun dan kesadaran terhadap Karmellow cenderung rendah. Oleh karena itu, tujuan penyelesaian tugas akhir ini adalah untuk membantu Karmellow meningkatkan jumlah penjualan dan kesadaran merek dengan menciptakan strategi pemasaran yang unggul. Penulis melakukan penelitian dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal. Untuk faktor internal, penulis melakukan wawancara kepada COO SUMATRA Group dan karyawannya untuk menganalisis RBV, VRIO, dan Rantai Nilai. Untuk analisis eksternal, penulis mencari data sekunder dengan menganalisis PESTEL, Five Porter’s Forces, dan Competitor Analysis. Pada penlitian, penulis juga melakukan analisis terhadap STP dan Marketing Mix. Di sisi lain, penulis melakukan penelitian kuantitatif untuk analisis pelanggan melalui penyebaran kuesioner kepada 252 responden. Setelah melakukan analisis eksternal dan lingkungan, penulis dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap popcorn Karmellow. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengusulkan segmentasi baru Karmellow yang menghasilkan tiga segmen pasar. Target market Karmellow didapat dari gabungan dua segmen. Selain itu, penulis juga mengusulkan Marketing Mix baru untuk Karmellow, seperti memperkenalkan produk ukuran kemasan baru dengan strategi harga baru, memperluas tempat distribusi popcorn Karmellow ke Modern Trade, dan melakukan berbagai kegiatan promosi. Strategi pemasaran yang diusulkan bertujuan untuk mengatasi tren penjualan yang menurun dan rendahnya profitabilitas Karmellow. Dengan menerapkan target pasar, kemasan, harga, distribusi, dan promosi baru, SUMATRA berpotensi meningkatkan jangkauan pasar dan mendongkrak penjualan.