digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri jasa makanan di Indonesia terus bertumbuh pesat, dan ini secara alami menawarkan peluang bagi pemasok produk mulai dari komoditas pertanian dasar hingga makanan olahan dan olahan hingga bahan baku makanan. Meskipun, taktik penjualan historis yang didasarkan pada hubungan pribadi dan interaksi langsung, menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan pasar yang didorong secara digital. Studi ini berfokus pada perjalanan pelanggan digital dalam keputusan pembelian mereka di Restoran Layanan Penuh (FSR) Indonesia dan menyelidiki bagaimana mereka terlibat dengan merek melalui beberapa titik kontak tertentu yang dikirim secara digital. Penulis kemudian melakukan dua belas wawancara mendalam dengan pemilik dan manajer FSR yang mengidentifikasi tiga segmen tertentu; Tradisionalis yang Berorientasi pada Hubungan, Pencari Tren yang Terlibat Secara Digital, dan Pengambil Keputusan Hybrid. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan interpretatif dan menggunakan kerangka Perilaku Pembelian Organisasi (OBB) dan 5A. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana - dalam hal pemilihan pemasok, pengumpulan informasi, dan pengambilan keputusan tentang pembelian - setiap segmen berperilaku berbeda satu dengan yang lain. Studi ini selanjutnya menggunakan wawasan ini untuk menyajikan strategi pemasaran digital yang disesuaikan untuk PT Merah Biru Indonesia (PT MBI) mencakup optimisasi titik kontak sepanjang perjalanan pelanggan (online & offline ) untuk meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan, dan konversi penjualan untuk setiap segmen. Penelitian ini menambah literatur yang berkembang tentang pemasaran digital B2B di negara berkembang, dan menekankan bahwa perusahaan perlu mengatasi keragaman ini dengan menggunakan strategi yang disesuaikan untuk setiap jenis perjalanan pelanggan. Ini juga membuat saran yang dapat ditindaklanjuti untuk PT MBI dan pemasok makanan lainnya untuk beradaptasi dalam lingkungan digital yang terus berkembang, dan memanfaatkan peluang pertumbuhan besar yang ada di Indonesia (khususnya FSR).